Indochem Extravaganza 2007

Oleh

Editor -

BANDUNG,itb.ac.id - Sabtu (14/7) bertempat di Aula Barat ITB, Program Studi Kimia ITB mengadakan acara Temu Alumni Kimia ITB. Temu Alumni ini merupakan salah satu rangkaian acara Indochem Extravaganza 2007 dalam rangka Peringatan 60 Tahun Pendidikan Kimia di Indonesia yang telah digelar dari tanggal 9 s.d. 15 Juli 2007.
Mengawali acara, iringan Orchestra ITB tampil mempersembahkan sebuah lagu. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. Akhmaloka, yang sekaligus membuka secara resmi acara Temu Alumni Kimia ITB. Dalam sambutannya, beliau juga meminta para alumni untuk turut serta memberikan masukan untuk kemajuan pendidikan kimia di ITB. Berikutnya, sambutan dari alumni yang disampaikan oleh Nandang yang merupakan Sekjen Ikatan Alumni Kimia ITB (IAKI). Sambutan dari alumni berikutnya datang dari Etty yang saat ini menjabat sebagai Direktur Syngenta Indonesia. Beliau menjelaskan bagaimana pentingnya pendidikan Kimia di ITB dalam membentuk pola pikir sehingga sangat membantu dalam kariernya saat ini. Acara dilanjutkan dengan Pengenalan Satuan Kekayaan Dana (SKD) ITB sebagai lembaga yang mengelola dana lestari ITB. Pengenalan SKD ini dibawakan oleh Bakti S. Luddin selaku Wakil Ketua Bidang Operasi SKD ITB.
Acara ini tidak hanya dihadiri oleh orang dewasa saja, anak-anak pun dapat hadir dan telah disiapkan sesi khusus bagi anak-anak. Sesi ini dinamakan acara Dunia Kimia Anak yang langsung dipandu oleh Drs. Hiskia Achmad, selaku Dosen Kimia ITB. Hiskia Achmad memperlihatkan kepada anak-anak bagaimana reaksi-reaksi kimia dapat bekerja dalam kemasan yang menarik bagi anak. Hal ini sengaja dilakukan untuk menarik minat anak-anak terhadap dunia kimia. “Saat ini anak-anak belum dituntut untuk mengetahui bagaimana reaksi-reaksi ini dapat terjadi, yang perlu kita lakukan adalah bagaimana menarik minat anak agar tertarik untuk memperhatikan sekelilingnya. Sehingga nantinya anak tertarik untuk mempelajari ilmu kimia,” menurut Hiskia Achmad sambil menyalakan api yang berwarna-warni dari berbagai zat kimia tertentu.
Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan diiringi alunan music dari Orchestra ITB. Di penghujung acara juga dilaksanakan Door Prize bagi tamu undangan.

scan for download