Peringatan 60 th pendidikan tinggi Kimia di Indonesia

Oleh Pengirim Lepas

Editor -

Peringatan 60 tahun Pendidikan Tinggi Kimia di Indonesia telah dibuka secara resmi oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. pada hari Selasa, 10 Juli 2007 di Aula Barat-ITB. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat, Danny Setiawan menyampaikan sambutannya dilanjutkan dengan Keynote speech dari Mentri Perindustrian, yang disampaikan oleh Ir. Benny Wahyudi, MBA, Dirjen Industri Agro dan Kimia. Acara dilanjutkan dengan pemberian Anugerah ITB untuk pengembangan IPTEKS - Ganesha Cendekia Widya Adi Utama kepada Prof. Dr. Oei Ban Liang, atas jasa dan prestasinya dalam mengembangkan pendidikan dan penelitian dalam bidang ilmu kimia, dan Anugerah ITB - Ganesha Dwija Jasa Utama kepada Drs. Hiskia Achmad atas jasa dan prestasi dalam mengembangkan pendidikan Ilmu Kimia di Indonesia. Setelah itu diikuti denganpemberian penghargaan dan hadiah berupa uang dan beasiswa pendidikan Magister bagi para pemenang Teaching Idol Contest. Pemenang-pemenang tersebut adalah:
1. E. Dike Mariske (SMAN 1 Cikembar, Kab. Sukabumi)
2. Kelly Sinaga (SMA-BPK Penabur Bogor)
3. Drs. Tedi Riyadi (SMAN 2 Tasikmalaya)
4. Lindayanti Labanu (SMA International Islamic Boarding School (IIBS) RI, Cikarang-Bekasi)
5. Yoram Enggelina (SMAK Giovanni Kupang)
6. Agus Solihin (SMAN 1 Subang)
7. Teti Ismayanti (SMAN 6 Bandung)
8. Drs. Yudi Slamet (SMAN 26 Bandung)
9. Neni Suryamanah (SMAN 2 Kuningan)
10. Maman Dermawan ( SMAN 1 Krangkeng - Kabupaten Indramayu).
Setelah selesai acara pembukaan dan penyerahan penghargaan, Rektor ITB, Gubernur Jabar dan Dirjen Industri Agro dan Kimia beserta para wakil rektor dan tamu lainnya mengunjungi Pameran Pendidikan Tinggi (EXPO) di Aula Timur.
Pada siang harinya di Aula Barat dilaksanakan Konferensi Internasional dengan pembicara Prof. Dr. Brian Coppola (University of ichigan), Prof. Dr. Atsushi Ikai (Tokyo Institute of Technology),Prof. Dr. Susanto Imam Rahayu (ITB), dan Mr. Syauki (SISKEM).
Pada sore hari itu berkesempatan hadir dan menyampaikan Keynote speech, Dirjen DIKTI, Prof. Dr. Ir. Satrio Soemantri Brodjonegoro. Beliau juga menyampaikan penghargaan kepada Prof. Dr. Oei Ban Liang dan Drs. Hiskia Achmad.
Konferensi Internasional masih berlangsung hingga sore hari ini, dengamn pembicara: Prof. Dr. Andreas Gansauer (University of Bonn), Prof. Dr. Euis Holisotan Hakim (ITB), Drs. Iskandar, MM (BIO FARMA), Mr. Deden Supriyatman (TOTAL INDONESIE), Drs. Jahja Santoso, Dr. Eng. Sukma Nuswantara, M.Phil. dan Prof. Dr. Yeyet Cahyati (SANBE), Ir. Dwiwahyu Haryo (UNILEVER/HKI) dan diakhiri oleh Prof. Dr. Brian Coppola.

scan for download