"Risk Technology and Management" International Conference and Workshop

Oleh

Editor -

Resiko merupakan parameter yang tidak diinginkan dalam setiap aspek sistem kerja. Sampai saat ini sudah banyak dikembangkan penelitian dalam mengidentifikasi resiko dalam bentuk teknologi, manajemen, permodelan, dan analisis yang dapat diaplikasikan ke setiap sistem. Namun, implementasi suatu pendekatan baru sering membutuhkan perubahan yang signifikan dalam sistem kerja perusahaan. Hal ini dapat diminimalisir dengan perencanaan, organisasi, dan implementasi yang baik dan didukung dengan orang-orang yang memiliki pengetahuan yang baik dan berpengalaman, baik di lapangan maupun dalam hal metodologinya.

Untuk itu, KK Perancangan Mesin ITB mengadakan “Risk Technology and Management” International Conference and Workshop pada tanggal 20 s.d 22 Maret 2007. Acara yang bertempat di Aula Timur ITB turut mengundang dari kalangan industri dan akademik, asuransi dan bank, perusahaan minyak dan gas, perusahaan pembangkit listrik, perusahaan petrokimia, perusahaan industri proses, perusahaan inspeksi, perusahaan industri logam, perusahaan jasa transportasi, dll.

Tujuan dari acara ini adalah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara kalangan praktisi, akademik, konsultan, dan sebagainya, melalui berbagai disiplin yang luas dalam area teknologi, manajemen, permodelan, dan analisis. “Seminar ini menyediakan forum bagi para researcher dan practitioner untuk mensosialisasikan penemuannya,” menurut Dr. Ir. Zainal Abidin, Ketua Panitia RiskTech 2007.

Acara yang berlangsung selama 3 hari dimulai dengan laporan ketua panitia dari Dr. Ir. Zainal Abidin, kemudian dilanjutkan sambutan dari Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, MSc., dan seharusnya dilanjutkan dengan keynote speech dari Dr. Ir. Kusmayanto Kadiman selaku Menristek, namun dalam hal ini diwakilkan oleh Dr. Ir. Richard Karel Willem Mengko selaku staf dari Menristek. Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi.

Acara hari pertama, dilanjutkan dengan speech dan diskusi dari berbagai kalangan industri, antara lain keynote speech dari Jens. P. Tronkskar, MSc, Ph.D., Associate Director Operational Excellence, DNV Energy Asia and Middle East. Kemudian keynote speech dari Deden Supriyatman, TOTAL Professeurs Associes/Coordination Div. TOTAL E&P INDONESIA. Berikutnya, invited speech dari Prof. Dr. Ir. Mardjono Siswosuwarno, dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia. Kemudian invited speech dari Ir. Joko Margono, MBA, Industri Transportasi. Dilanjutkan dengan invited speech dari Dr. Sudarwan, Ak, CIA, CCSA, dan Hartian S. Widhanto, ST, MSc(Eng), CIA, CISA (CENTRIA). Kemudian invited speech dari Ahmad Taufik, M.Eng, Ph.D, dari Komunitas Minyak dan Gas Indonesia. Dan diakhiri dengan invited speech dari Prof. Dr. Ir. Rochim Suratman dan Dr. Bambang Widyanto, dari INDOCOR.

scan for download