International Conference on Graph Theory and Information Security (ICGTIS) 2007 Hari Pertama

Oleh Muhammad Arif

Editor -

Program Studi Matematika FMIPA ITB bekerjasama dengan School of ITMS University of Ballarat, Australia mengadakan “International Conference on Graph Theory and Information Security (ICGTIS) 2007” pada hari Sabtu-Selasa, 10-13 Februari 2007. Konferensi yang berlangsung di Ruang Multimedia 9311 Labtek VI ITB ini dihadiri oleh peneliti dan dosen dari Indonesia, Japan, Cina, Amerika, Kanada, Australia, Negara-negara Eropa, Korea, Thailand, Singapura, Malaysia dan Brunei.
Konferensi ini bertujuan untuk mewadahi peneliti-peneliti Indonesia dari bidang akademis dan industri dengan para peneliti luar negeri untuk berbagi dan diskusi hasil penelitian terakhir. Konferensi ini berbentuk presentasi makalah dan diskusi informal yang membahas topic sentral teori grafik dan keamanan informasi (Graph Theory and Information Security). Selain presentasi peserta, beberapa pembicara utama juga diundang untuk membagi ilmunya. Beberapa pakar teori grafik dan keamanan informasi yang diundang antara lain Martin Baca (Technical University of Kosice, Slovakia), Gary Bloom (The City University of New York, New York), Ljiljana Brankovic (University of Newcastle, Australia), Ketut Budayasa (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia), Gyula O. H. Katona (Afred Renyi Institute of Mathematics, Hungary), Jan Kratochvil (Charles University, Czech), Josep Maria MIRET Biscoa (Universitat de Lleida, Spain) Mirka Miller (School of ITMS, University of Ballarat, Australia), H.C.A. Van Tilborg (Eindhoven University of Technology, The Netherlands), Magda VALLS Marsal (Escola Universitària Politècnica, Spain) dan Wal Wallis (Southern Illinois University, USA).
Selain nama-nama di atas, terdapat pula beberapa pembicara yang diundang dalam pembukaan ICGTIS pada hari Sabtu, 10 Februari 2007. Para pembicara tersebut antara lain Suresh M. Hegde (National Institute of Technology Karnataka, India), Budi Rahardjo (Institut Teknologi Bandung, Indonesia), Joe Ryan (University of Ballarat, Australia), Zdenek Ryjacek (West Bohemia University, Czech), Anna Llado (Universitat Politecnica de Catalunya, Spain) dan Brendan McKay (Australian National University, Australia).
Yang menarik, konferensi internasional ini menjadi sebuah persembahan untuk Prof. Mirka Miller, seorang profesor ilmu computer di School of ITMS, University of Ballarat, Australia. Prof. Miller merupakan Deputy Director of CIAO (Centre for Informatics and Applied Computing) dan menjadi UNESCO/TWAS visiting scientist di Indonesia sejak tahun 2003. Prof. Miller berulangtahun bulan ini dan didaulat sebagai keynote speaker pada konferensi hari kedua, 11 Februari 2007 nanti.

scan for download