Definisi dan Operasionalisasi Konsep: Kunci untuk Penelitian yang Baik

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) menggelar program “MSM-DSM Lounge” yang membahas tentang “Mastering Data-Driven Research”, secara daring, Kamis (2/11/2023). Pembicara kegiatan tersebut yakni alumnus program Doctor of Science in Management SBM ITB, Dr. Ambara Purusottama, M.B.A.

Beliau menekankan pentingnya definisi dan operasionalisasi konsep dalam penelitian. kedua hal tersebut perlu dilakukan dengan cermat agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan.

Definisi dan operasionalisasi konsep merupakan dua hal penting dalam penelitian. Definisi konsep menjelaskan arti dari suatu konsep sedangkan operasionalisasi konsep menjelaskan cara mengukur konsep tersebut.

"Kita tidak boleh main-main dengan kata-kata, misalnya kita bicara tentang sustainability. Apakah yang kita maksud adalah keberlanjutan secara ekonomi, atau keberlanjutan bisnis dari perspektif 3P (people, planet, profit)?" ujarnya.

Menurutnya, penting untuk memahami makna dari suatu konsep sebelum melakukan penelitian. Jika konsep tidak didefinisikan dengan jelas, hasil penelitian bisa menjadi bias atau misleading.

Setelah memahami makna dari suatu konsep, langkah selanjutnya adalah operasionalisasi konsep. Operasionalisasi konsep dilakukan dengan menentukan indikator-indikator yang dapat digunakan untuk mengukur konsep tersebut.

"Misalnya, kita ingin mengukur service quality. Maka indikator-indikator yang bisa kita gunakan adalah keandalan, keberadaan, empati, dan responsif," tuturnya.

Beliau menjelaskan bahwa indikator-indikator tersebut dapat diukur dengan menggunakan berbagai metode, seperti kuesioner, wawancara, maupun observasi.

"Peneliti harus memilih metode yang tepat untuk mengukur indikator-indikator tersebut," ujarnya.

Beliau mengatakan bahwa hasil penelitian yang baik adalah hasil penelitian yang memiliki kontribusi nyata bagi dunia akademis.

"Kontribusi tersebut bisa berupa penemuan konsep baru atau kritik terhadap konsep yang sudah ada," katanya.

Beliau berharap para peneliti dapat memahami pentingnya definisi dan operasionalisasi konsep dalam penelitian. Dengan memahami kedua hal tersebut, hasil penelitian akan menjadi lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Reporter: Fairuuz Fawwas Alfarizi Tantuayo (Kewirausahaan, 2024)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download