Dalam Rangka Hari Perhubungan Nasional 2023, ITB Dapat Penghargaan Apresiasi Kemitraan dari Kemenhub

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan penghargaan apresiasi kemitraan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada Jumat, (29/9/2023). Penghargaan ini diberikan dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2023.

Pada kesempatan ini, Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufiq Hidajat, D.E.A., mewakili Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menerima penghargaan dedikasi transformasi perhubungan.

Dalam rangka hari Perhubungan Nasional 2023, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan Pameran Transportasi dan Travel Fair bertajuk "Hub Space", yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta, pada 29 September-1 Oktober 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin memperkenalkan masyarakat berbagai transportasi massal yang ada di Indonesia, termasuk mengenai budaya baru bertransportasi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan melalui kegiatan ini pemerintah ingin menyampaikan kiprah kolaborasi dari berbagai kemitraan Kemenhub dalam membangun transportasi selama hampir satu dekade.

"Dengan kolaborasi yang bagus antar pemangku kepentingan di sektor transportasi, kita ingin membangun budaya baru melalui transportasi massal," katanya melansir laman resmi Kemenhub.

Sebagai bentuk apresiasi kepada sosok yang telah membangun konektivitas antar wilayah melalui transportasi, Kemenhub memberikan penghargaan kepada para Menteri Perhubungan terdahulu, seperti Agum Gumelar, Emil Salim, Jusman Syafii Djamal, Hatta Rajasa, Evert Erenst Mangindaan, Freddy Numberi, dan Ignasius Jonan.

Selain itu, Kemenhub pun memberikan penghargaan apresiasi kemitraan kepada beberapa universitas yang ada di Indonesia, sebut saja Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Diharapkan dengan adanya penghargaan ini, ITB semakin memiliki peran dalam membentuk masa depan industrasi transportasi di Indonesia, dengan menghasilkan profesional yang berkualitas, melakukan penelitian inovatif, hingga menyediakan panduan kebijakan yang penting guna semakin memajukan sistem transportasi secara global.


scan for download