CODH 2023, Angkat Pentingnya Integrasi antara Humaniora ke dalam Bidang Engineering

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Kelompok Keahlian Ilmu-ilmu Kemanusiaan (KKIK) Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) mengadakan Conference on Digital Humanities (CODH) 2023 pada Kamis dan Jumat (14-15/9/2023) di Auditorium Ipteks ITB. CODH 2023 memiliki tema "Integrating Digital Humanities into Engineering Education".

Acara CODH ini berangkat dari pentingnya integrasi antara aspek kemanusiaan (humanity) serta ilmu-ilmu kemanusiaan atau humaniora ke dalam ilmu rekayasa (engineering). Dengan adanya keterlibatan dua aspek ini, tentu akan menghasilkan sarjana teknik serta insinyur yang humanis, yang mempertimbangkan aspek kemanusiaan dalam bekerja.

Ketua CODH 2023, Dr. Harry Nuriman, M.Si., mengatakan tujuan konferensi ini adalah untuk mempertemukan para sarjana, peneliti, dan perwakilan dalam humaniora digital. Sekaligus mendiskusikan isu-isu dan ide-ide yang berkaitan dengan pengaruhnya pada aspek budaya manusia.

"Diharapkan para insinyur yang dihasilkan lembaga pendidikan teknik akan memiliki perspektif humaniora yang memadai dalam menjawab tantangan serta persoalan yang ada, khususnya di era digital," ujarnya dalam keterangan resminya.

Konferensi ini pun memberikan kerangka kerja untuk pengembangan humaniora digital hingga menggambarkan peran humaniora digital terhadap pendidikan teknik dan manfaatnya untuk masyarakat luas.

CODH 2023 mengundang berbagai narasumber dari dalam maupun luar negeri yang akan mempresentasikan berbagai paper serta artikel. Kemudian ada juga diskusi panel yang mengangkat beberapa topik.

Adapun topik-topik yang dibahas dalam konferensi ini antara lain, digital art, digital forensics, digital discourse analysis, computers in human behaviour, machine learning, virtual reality, hingga sustainability.

Salah satu materi yang dalam agenda ini adalah mengenai "The Influence of e-Service Quality, e-Trust, and Price on Brand Switching Behavior on Go-Ride Services in the Gojek" yang disampaikan oleh Dosen Telkom University, Marheni Eka Saputri, S.T., M.B.A.,

Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan mengenai behavior pattern individu saat menggunakan transportasi daring. Termasuk tentang kemungkinan kemungkinan seseorang melakukan switching behavior ke brand competitior sebuah transportasi online. Hal ini bisa saja berubah tergantung dari pertimbangan soal harga, benefit, service, serta trust.

Kemudian ada pula materi dari Dra. Ira Adriati, S.Sn., M.Sn., dari Kelompok Keilmuan Estetika dan Ilmu-ilmu Seni yang memberikan presentasi mengenai "Website of Natural and Cultural Tourism in Indonesia as Means to Promote Biak Papua".

Terdapat juga sesi Q&A dari para peserta ke narasumber terkait dengan materi yang telah disampaikan.

Diharapkan dengan adanya CODH 2023 ini sekaligus menjawab berbagai tantangan apa yang ada di lapangan yang berkaitan dengan aspek kemanusiaan dan dunia digital, memberikan saran atau suggest bagaimana tantangan tersebut dapat diatasi, sekaligus bagaimana mengantisipasinya sejak dalam pendidikan bagi para calon insinyur.


scan for download