Careertalk Internship Sharing: Siapkan Amunisi Sebelum Magang

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB mengadakan persiapan dini sebelum mengikuti program magang dengan menyelenggarakan seminar bertajuk Careertalk: Internship Sharing pada Sabtu (23/04/16) yang bertempat di Nation Building Corner Perpustakaan ITB mulai pukul 08.00 - 13.00 WIB. Selain diisi oleh dosen pengampu mata kuliah Magang, seminar ini juga menghadirkan perwakilan dari PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Foodpanda Indonesia yang masing-masing membuka lowongan magang untuk posisi data analyst. Posisi pekerjaan ini dinilai cocok untuk para calon lulusan Program Studi Matematika yang rerata memiliki kemampuan mathematical thinking diatas rata-rata dalam menginterpretasikan berbagai macam data.

Prodi Matematika ITB memang menyediakan mata kuliah pilihan berupa magang yang dapat diambil di tahun ke-4 perkuliahan. Mata kuliah yang dibuka sejak tahun 2012 ini mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan simulasi kerja di suatu perusahaan selama minimal 160 jam kerja, atau sekitar tiga bulan efektif kerja. Selain menyediakan sarana penilaian dan evaluasi, Prodi Matematika ITB juga memfasilitasi mahasiswanya dengan cara merekomendasikan tempat-tempat magang yang berhubungan dengan Matematika, mulai dari perusahaan perbankan, asuransi, hingga pemerintahan. "Mata kuliah ini dibuka dengan tujuan utama menanamkan nilai-nilai work ethics, interpersonal skills, serta pengalaman bekerja kepada mahasiswa," tutur Dila Puspita, M.Si, dosen pengampu mata kuliah tersebut.

Di penghujung acara, Go Felix (Matematika 2012) ikut berbagi tentang pengalamannya menjalani program magang di suatu perusahaan. "Disinilah kalian bisa dapatkan skill-skill yang ngga bisa kalian dapatkan di kuliah," ungkap mahasiswa yang menggeluti bidang actuarial sciences ini. Menurutnya, bukan hanya kemampuan teknis yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, tetapi juga kemampuan berkomunikasi dan bergaul dengan banyak orang. Martin Pardede, Head of Vendor Management PT Pandafood Indonesia, juga menambahkan bahwa perusahaan sangat membutuhkan orang-orang yang fleksibel, siap dengan hal-hal baru, serta memiliki ide-ide yang inovatif dalam mendukung kemajuan perusahaan.

Acara Careertalk sendiri akan kembali diadakan oleh HIMATIKA ITB pada bulan Oktober mendatang, seperti dipaparkan oleh Ryan Achmad (Matematika 2013) yang bertugas sebagai ketua pelaksana dalam kegiatan kali ini. "Kami tidak hanya membahas persiapan magang, tapi juga persiapan mendapat beasiswa. Makanya nanti juga akan diadakan simulasi tes IELTS," tutur Ryan.

ITB Journalist Apprentice 2016
Muhammad Arief Ardiansyah


scan for download