Asrama ITB Jatinangor: Menumbuhkan Jiwa Kekeluargaan dan Karakter Mahasiswa

Oleh Anggun Nindita

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.

BANDUNG, itb.ac.id - Asrama ITB Jatinangor telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) dalam menempuh perkuliahan tahun 2023. Asrama yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat pertama di ITB Kampus Jatinangor ini bukan sekadar menjadi tempat tinggal, melainkan sebuah wadah memperkuat jiwa kekeluargaan dan pembinaan karakter mahasiswa TPB 2023.

Terletak di dalam komplek ITB Kampus Jatinangor yang luasnya mencapai 46 hektar, Asrama ITB Jatinangor memiliki lima gedung yang masing-masing terdiri atas lima lantai. Gedung tersebut adalah TB 1 dan TB 2 untuk putri dengan kapasitas 2 orang per kamar, TB 3 untuk putri dengan kapasitas 3 orang per kamar, serta TB 4 dan TB 5 untuk putra dengan kapasitas 3 dan 4 orang per kamar.

Dengan konsep "living learning community", Asrama ITB Kampus Jatinangor turut menciptakan lingkungan yang memungkinkan pembelajaran tidak hanya terbatas di dalam kelas, tetapi juga berlangsung di antara komunitas mahasiswa yang tinggal di sana. Para mahasiswa asrama memiliki kesempatan emas untuk mengembangkan diri, berkolaborasi, dan memahami makna sebenarnya dari nilai-nilai kebersamaan.

Indri Yossiva (SITH-R 2023), salah seorang mahasiswa baru yang tinggal di Asrama ITB Jatinangor, berbagi cerita saat tinggal di asrama. Dia mengatakan, awalnya tertarik dengan asrama karena dirinya berasal dari Padang, Sumatera Barat, dan belum memiliki tempat tinggal di Bandung. Selain biayanya yang terjangkau, tinggal di asrama memungkinkannya lebih mengenal kehidupan di Bandung dan bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah.

“Ini membantu saya memperluas lingkaran pertemanan, terutama karena saya masih baru di Bandung. Saya juga senang bahwa asrama memiliki Tutor Asrama yang selalu siap membantu mengatasi masalah sehari-hari penghuni seperti saya. Selain itu, fasilitas bersama di asrama memungkinkan kami untuk belajar bersama, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan teman seasrama. Lokasinya yang berada di dalam kampus juga sangat membantu dalam mempermudah mobilisasi ke kelas saat perkuliahan," ujarnya, Sabtu (09/09/2023).

Asrama ITB Kampus Jatinangor juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan para penghuni. Hal itu demi menciptakan rasa kepemilikan akan asrama dan rasa kekeluargaan di antara penghuni asrama. Selain itu, kegiatan-kegiatan tersebut sebagai wadah berbagi nilai-nilai yang dapat membantu mempersiapkan mahasiswa TPB menghadapi tantangan di masa depan.

Lebih dari sekadar tempat tinggal, Asrama ITB Kampus Jatinangor berperan dalam pembentukan karakter, mendorong pertumbuhan pribadi, dan memupuk persaudaraan di antara mahasiswa baru penghuni asrama. Semangat pembelajaran berbasis komunitas dan pembinaan karakter yang diusung Asrama ITB Kampus Jatinangor membuat pengalaman tinggal di sana menjadi salah satu momen paling berkesan dalam perjalanan mahasiswa ITB.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download