Arkavidia 3.0: Menuju Era Ekonomi Digital

Oleh Holy Lovenia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB kembali menyelenggarakan Arkavidia Informatics & IT Festival pada hari Sabtu (19/11/16) di kampus ITB Ganesha. Arkavidia 3.0 mengusung tema digital economy dan potensi pengaruh teknologi informasi terhadap digital economy pada masyarakat. Melalui berbagai acara Arkavidia 3.0 seperti seminar dan talkshow, expo yang menunjukkan hasil karya dan inovasi pihak industri dalam bidang keprofesian Teknik Informatika dan Sistem Teknologi Informasi, kompetisi tingkat nasional berupa ide pengembangan perangkat lunak, HMIF mengajak masyarakat untuk mengenal dunia information technology (IT) lebih jauh.


"Through The Era of Digital Economy" adalah tema besar yang diangkat pada acara seminar dan talkshow yang bertempat di Aula Timur ITB. Seminar tersebut dibuka dengan keynote speech oleh Indra Utoyo selaku Chief Innovation and Strategy Officer Telekomunikasi Indonesia mengenai ekonomi digital secara umum. Pada sesi seminar berikutnya, Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M. H. sebagai Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif membahas tentang keterkaitan digital economy di dunia badan ekonomi kreatif dan korelasinya dengan infrastruktur di Indonesia. Sesi selanjutnya dilanjutkan oleh Radynal Nataprawira (Technology Corespondent CNN Indonesia) selaku moderator. Talkshow tersebut juga menghadirkan Ardy Alam (Chief Product Officer KASKUS Networks), Prof. Intan Ahmad (Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI), M. Fajrin Rasyid (Co-Founder & CFO Bukalapak.com), Alamanda Santika (Chief Activist of FemaleDevKibar), Saiful Akbar (Kepala Program Studi Teknik Informatika ITB), dan Joedi Wisoeda (CEO Ascend Group Indonesia) sebagai pembicara. Acara tersebut membahas tentang peran pemerintah, pendidikan, venture capital, dan pelaku industri di digital economy.


Selain itu, ada juga expo di Lapangan Cinta dan Campus Center Timur ITB yang menghadirkan 7 buah pameran karya yang diisi oleh Inkubator IT HMIF ITB, No Limit, Fab Lab, Radya Labs, dan lainnya. Pameran karya ini bertujuan untuk memperlihatkan karya dan inovasi di bidang keilmuan informatika dan industri kreatif pada masyarakat. Arkavidia 3.0 juga menyediakan wahana permainan dari Agate Studio, yaitu virtual reality game yang dapat memukau para pengunjung. Sesuai dengan temanya, Arkavidia 3.0 juga mengajak masyarakat umum untuk mendukung pengembangan potensi kreatif di Kota Bandung pada bidang ekonomi digital dalam bentuk kompetisi Business IT Case. Lomba mengenai ide pengembangan perangkat lunak yang lebih dikenal sebagai Arkavidia Software Technovation Competition memiliki tema "Inovasi Bisnis Kecil Berbasis Internet" dan diikuti oleh tim-tim dari berbagai universitas dari seluruh Indonesia.

Keterangan lengkap mengenai Arkavidia 3.0 dapat diakses melalui halaman resmi Arkavidia 3.0.

scan for download