Antusiasme Mahasiswa Menyambut ITB Jatifest 2023 di Jatinangor

Oleh Anggun Nindita

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.

JATINANGOR, itb.ac.id -- Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Bandung Kampus Jatinangor mengaku antusias dengan gelaran ITB Jatifest 2023. Beberapa di antaranya sudah melakukan pendaftaran untuk mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

ITB Jatinangor Festival 2023 akan digelar di ITB Kampus Jatinangor, Jl. Let. Jen. Purn. Dr. (HC) Mashudi No. 1, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (02/09/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan Kampus ITB Jatinangor kepada dosen, mahasiswa, tendik, alumni beserta keluarga.

ITB Jatifest 2023 pun sekaligus menjadi puncak dari rangkaian penyambutan bagi mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) 2023 Tahun Akademik 2023/2024 dan mengenalkan aktivitas mahasiswa di kampus.

Salah seorang mahasiswa program studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Hanna Putri Mallory, mengaku antusias mengikuti acara tersebut. Dirinya sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan yang ada. "Kalau saya akan datang, sudah daftar," katanya, Selasa (29/08/2023).

Hanna merasakan perubahan sejak dimulainya acara penyambutan mahasiswa TPB beberapa waktu lalu yang terpusat di ITB Kampus Jatinangor. Suasana kampus menjadi lebih ramai dan lebih dikenal banyak orang.

Hanna pun senang dengan berbagai kegiatan masif yang digelar di ITB Kampus Jatinangor, salah satunya ITB Jatifest 2023. Menurutnya, hal itu menjadi perhatian banyak pihak untuk mengunjungi kampus dengan luas +/- 47 ha tersebut.

"Mungkin dulu teman-teman dari ITB Kampus Ganesha belum tahu di Kampus ITB Jatinangor ada apa. Sekarang ada acara-acara masif di Jatinangor sehingga mengundang banyak atensi dari mahasiswa ITB kampus lainnya," tuturnya.

Mahasiswa program studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan lainnya, Rifki Hasbi Ash Shiddiq, merespons positif ITB Jatinangor Festival 2023. Menurutnya, acara tersebut bisa mengenalkan multikampus ITB ke banyak kalangan dengan berbagai kreativitasnya.

"Dengan adanya ITB Jatifest 2023, itu menunjukkan bahwa kita itu bukan hanya terkait dengan akademik saja, ada festival-festival juga (yang kreatif)," ujarnya.

Hanna maupun Rifki berharap, dengan adanya Jatifest, akan semakin banyak kegiatan-kegiatan besar yang diadakan di ITB Kampus Jatinangor.

ITB Jatifest 2023 mengusung tema “Green Culture fo Better Future”. Hal tersebut ditunjukkan dengan berbagai kegiatan yang menjadi nilai tambah civitas akademika ITB Kampus Jatinangor. Terutama dalam perspektif mengembangkan diri, menjaga lingkungan, dan menghadapi tantangan masa depan.

Dengan upaya maksimal penyelenggaran yang ramah lingkungan dan bekerlanjutan, kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan meliputi: Fun Run, Campus Tour Game, Student Group Performing, Video Mapping, Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa, hingga Students Fashion Show.

Tema “Green Culture fo Better Future” pun ditunjukkan dalam logo ITB Jatifest 2023 yang diciptakan Dosen Desain Komunikasi Visual ITB, Bima Nurin Aulan.

Bima menjelaskan terdapat enam elemen penting dalam logo ITB Jatifest 2023 dan tiga paduan warna utama. Pertama, “ITB” sebagai penanda ITB yang menyelenggarakan acara. Kedua, figur manusia yang bersorak gembira yang mewujud huruf A. Ketiga, Huruf “T” yang dikreasikan sebagai pohon sebagai simbol tema acara “Green & Sustainability”. Keempat, Huruf “I” diilustrasikan sebagai Menara Loji sebagai landmark khas ITB Jatinangor. Kelima, tanda enam strip sebagai simbol BAKKTI yang merupakan kompetensi wajib bagi dosen dan tendik ITB. Keenam, “2023” sebagai penanda tahun diselenggarakan acara Jatifest.

Warna yang digunakan dalam logo ITB Jatifest 2023 juga mengandung makna. Biru sebagai warna ITB yang melambangkan smart. Hijau bermakna sustainable. Oranye bermakna passionate.

Dengan konsep tersebut, panitia mengingatkan pengunjung saat kegiatan selalu menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarang, dan membawa botol minum sendiri. Untuk informasi lebih lanjut bisa diakses di Instagram official @itb.jatifest.

Reporter: Anggun Nindita

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download