328 Mahasiswa TPB Disambut Pihak ITB Kampus Cirebon

Oleh Anggun Nindita

Editor Diky Purnama, S.Si.,M.Ds.

ITB Kampus Cirebon menyambut 328 mahasiswa yang selesai mengikuti program Tahap Persiapan Bersama (TPB), di ITB Kampus Cirebon, Senin (21/08/2023).

CIREBON, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon menyambut 328 mahasiswa dari 7 program studi yang selesai mengikuti program Tahap Persiapan Bersama (TPB), Senin (21/8/2023). Sebelumnya, mahasiswa tersebut mengikuti program TPB selama dua semester di ITB Kampus Jatinangor.

Setelah penyambutan tersebut, mahasiswa yang berasal dari Program Studi Kriya, Oseanorgafi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan Teknik Geofisika itu akan melakukan proses pembelajaran di ITB Kampus Cirebon.

Penyambutan mahasiswa TPB kali ini mengusung tema “New Home, New Hope”, dengan fokus pada pentingnya lingkungan baru untuk memberikan kesempatan tumbuh dan berkembang dengan keyakinan dan optimisme.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM) ITB Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Prof. Jaka menyampaikan perkembangan ITB kampus Cirebon, mulai dari peningkatan passing grade, hingga prestasi mahasiswa.

Setelah itu, Direktur ITB Kampus Cirebon, Dr. Ir. Iwan Kustiawan, M.T., memberikan sambutan tentang lingkungan kampus dan peningkatan jumlah mahasiswa ITB Kampus Cirebon setiap tahunnya.

Terdapat beberapa kegiatan dalam acara penyambutan yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB tersebut, yakni:

Pengenalan Prodi
Mahasiswa mengikuti sesi pengenalan prodi dan metode pelaksanaan kuliah yang akan berlangsung di ITB Kampus Cirebon. Tujuannya, mahasiswa memperoleh pemahaman terkait program studi dan proses belajar mengajar.

Penampilan

Penampilan Dosen FSRD ITB, John Martono, S.Sn., M.Sn., atau Kapten John di acara penyambutan mahasiswa program TPB di ITB kampus Cirebon, Senin (21/08/2023).

Dosen FSRD ITB, John Martono, S.Sn., M.Sn., atau yang sering disapa Kapten John, turut serta memeriahkan acara. Dia membawakan 3 lagu dengan suara khasnya. Setelahnya, band-band dari mahasiswa ITB Kampus Cirebon pun unjuk tampil.

Pengenalan UKM
Berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB Kampus Cirebon juga dikenalkan, di antaranya TDD, Karesidenan Multikampus Cirebon, CISCO, Kawai, Board Games, dan Duta Kampus.

Pengenalan berbagai UKM tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan gim yang juga menjadi penutup rangkaian penyambutan mahasiswa di ITB Kampus Cirebon.

Koordinator panitia kegiatan, Arif Nur Rohman, mengaku senang atas suksesnya acara tersebut. Dia berharap penyambutan tersebut membantu peserta lebih mudah beradaptasi di lingkungan barunya, yaitu ITB Kampus Cirebon.

Reporter: Mufti Ali Farkhan (Oseanografi, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download