24 Mahasiswa Ikuti Babak Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ITB Tahun 2023

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Sebanyak 24 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi di Institut Teknologi Bandung mengikuti tahapan seleksi Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) tingkat ITB 2023 pada Rabu, 12 April 2023.

Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut, dilaksanakan menjadi tiga sesi. Mahasiswa melakukan presentasi Gagasan Kreatif dengan bahasa Indonesia dengan durasi 7 menit. Kemudian dilanjutkan dengan pidato berbahasa Inggris dengan tema SDGs yang berbeda dengan Gagasan Kreatif yang berdurasi 5 menit. Terakhir, mahasiswa akan diwawancarai perihal Capaian Unggulan.

“Sebagai mahasiswa ITB yang hadir tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Karena sejauh ini, kalian telah memberikan dedikasi, bekerja keras menyelesaikan tugas-tugas kalian di ITB, dan telah belajar dengan baik. Oleh karena itu, satu tahapan ini merupakan tahapan terakhir kalian untuk terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi tingkat ITB. Nantinya, akan dipilih 1 orang perwakilan dari seluruh mahasiswa berprestasi yang hadir hari ini, untuk mewakili ITB pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional,” ujar Direktur Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama saat membuka acara Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB tahun 2023 di Auditorium Campus Centre Timur (12/4/2023).

Ia menyebutkan, ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi itu sebagai model untuk mengekspresikan mahasiswa ITB yang unggul. Mahasiswa unggul yang dimaksud adalah mahasiswa yang bisa mencapai keseimbangan di level yang tinggi dimana kemampuan akademis seimbang dengan kemampuan sofskill. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang diusung ITB, di mana diharapkan lulusan ITB kompeten dalam bidang akademik dan memiliki softskill yang terampil. Oleh karenanya, para perwakilan Mapres dari setiap Fakultas diminta memberikan berkas capaian akademik, capaian unggulan, termasuk capaian-capaian lainnya di bidang non akademik.

Capaian yang didapatkan oleh mahasiswa, meliputi prestasi di bidang akademik dan nonakademik melalui kompetisi, aktif dalam berbagai organisasi, dan capaian unggul lainnya yang dapat dianggap memberikan kontribusi. Secara formal, dari seluruh peserta Mapres tersebut akan dipilih 1 orang pemenang. Namun, kata Prasetyo, semua mahasiswa yang hadir saat ini dan menjadi perwakilan dari setiap Fakultas/Sekolah ini merupakan mahasiswa berprestasi ITB.

“Capaian yang dilalui menjadi bagian dari proses belajar yang sangat baik bagi mahasiswa. Selain karena saat lulus nanti, mahasiswa juga tetap belajar pada kehidupan selanjutnya. Saya berharap, mahasiswa bisa melalui rangkaian seleksi ini dengan baik dan mampu membuktikan karakter mahasiswa berprestasi di ITB yang unggul di nasional kelak,” pungkasnya.

Daftar peserta yang mengikuti babak Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat ITB Tahun 2023.

Sumber: Direktorat Kemahasiswaan ITB


scan for download