2 Dosen ITB Terima Hibah Penelitian dari Osaka Gas Foundation

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id--Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB menyelenggarakan pemaparan hasil dan rencana penelitian yang dihibahkan oleh Osaka Gas Foundation di Multipurpose Hall, Gedung CRCS ITB. Acara tersebut dihadiri oleh Chairman Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange, Mr. Setoguchi Tetsuo dan Ketua LPPM ITB, Dr. Yuli Indartono.

Yayasan Osaka Gas secara rutin tiap tahunnya menyelenggarakan kerja sama dalam kegiatan penelitian dengan ITB. Tahun ini, Yayasan Osaka Gas telah memberikan dana hibah untuk dua dosen ITB, yakni Dhewa Edikresnha, Bc.Eng., M.Si., dan Prof. Endah Sulistyawati, S.Si., Ph.D.

Program Hibah Penelitian Osaka Gas Foundation of International Culture Exchange (OGFICE) sendiri bertujuan untuk meningkatkan penelitian dalam bidang teknologi yang berkaitan dengan gas alam dan pengentasan masalah lingkungan.

Pada acara seremoni pemberian hibah, terdapat dua dosen ITB yang memaparkan hasil dari program hibah ini, yakni Dr. Sony Suhandono, M.Sc., dengan judul riset "Analysis of Polystyrene Biodegradation by Gut Microbiota Tenebrio Molitor Larvae Through Metagenomic Approach" dan Dr. Eng Muhammad Iqbal, S.T., M.T., dengan judul "Hybrid Zn)/Porous Industrial Mill Scale-derived ?-fe203 for Efficient and Sustainable Photoelectrochemical Hydrogen Production".

Chairman Osaka Gas Foundation of International Cultural Exchange, Mr. Setoguchi Tetsuo, menyebutkan bahwa kerja sama ini sangat bagus untuk ITB dan Osaka Gas Foundation. Yayasan Osaka pun sangat mengapresiasi para peneliti yang telah berkontribusi. Ia bertekad, Osaka Gas Foundation secara kontinu akan selalu mendukung penuh kegiatan penelitian ini. Ia pun berharap melalui program ini, akan melahirkan karya-karya terbaik yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat.

Sumber: LPPM ITB

Foto: Dok. LPPM ITB


scan for download