16 Mahasiswa dari Berbagai Universitas Ikuti APIE Camp 2023 di ITB

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id--Sebanyak 16 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dan luar negeri mengikuti kegiatan Asia Pacific Internet Engineer Camp 2023 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan ini akan berlangsung dari 6-11 Agustus 2023.

APIE Camp bertujuan mencetak network engineer muda dan membentuk komunitas lintas negara. Pada kesempatan ini pesertanya berasal dari ITB, Universitas Syiah Kuala, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universiti Sains Malaysia.

Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Tutun Juhana, S.T., M.T., sangat mengapresiasi kegiatan APIE Camp 2023 dengan ITB sebagai tuan rumah. Menurutnya, melalui program ini para mahasiswa bisa belajar mengenai infrastruktur di bidang electronic engineering.

"Saya berharap melalui camp ini peserta mendapatkan pengalaman tentang bagaimana mengelola infrastruktur di bidang elektronik engineering yang baik. Saya sangat apresiasi kepada kolega dari KEIO University yang berkenan membagikan kurikulum pengajarannya dengan kami. Melalui kegiatan semacam ini, peserta juga bisa mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan peserta dari berbagai latar belakang budaya," ujarnya.

Program APIE bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di Asia Pasifik dalam bidang internet engineering. Prof. Keiko Okawa dari Keio University mengatakan, latar belakang kegiatan APIE Camp 2023 ini adalah ingin melibatkan generasi muda untuk belajar tentang infrastruktur internet bagi pengembangan di masa depan sebab banyak generasi mudah belum aware terhadap hal ini. Karena acara ini didesain untuk generasi muda, untuk itulah KEIO University mengundang mahasiswa dari berbagai kampus belajar dan berkolaborasi.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran dan kolaborasi dalam bidang internet engineering bagi banyak mahasiswa di kawasan Asia Pasifik. APIE Camp tahun ini berlangsung di ITB. Ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan di luar KEIO University. Ini merupakan langkah besar yang bagus untuk menjadikan camp ini diselenggarakan di banyak kampus untuk mengakomodir lebih banyak peserta," ujarnya.

Pemateri APIE Camp 2023 ITB berasal dari berbagai negara, seperti Indonesia, Jepang, Malaysia, dan Australia. Mereka akan memberikan materi mengenai berbagai topik terkait internet engineering, seperti networking, servervirtualization, cloud, network security, dan data center.

Peserta akan belajar secara intensif selama enam hari. Selain itu, peserta juga akan berkesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan para pemateri dan peserta lainnya. Dalam acara ini juga akan dilakukan kunjungan ke data center Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai sarana untuk pembelajaran langsung mengenai data center, teknologi, dan operasional yang dilakukan didalamnya.

APIE Camp 2023 ITB sendiri diselenggarakan di Laboratorium Telematika, Gedung Achmad Bakrie, Lantai 4 ITB, dari 6-11 Agustus 2023. Program APIE merupakan hasil kolaborasi antara operator REN (Research and Education Network) di kawasan Asia Pasifik, yaitu SOI Asia dan AI3. Kegiatan ini juga didukung oleh KEIO University Jepang sebagai salah satu mitra utama.


scan for download