13 Dosen Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB) ITB Menjadi Penerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB Tahun 2022

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id –Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Bandung (LPPM ITB) telah mengeluarkan surat secara resmi terkait daftar nama dosen yang menjadi Penerima Dana Program Pengabdian Masyarakat ITB Tahun 2022 dengan nomor surat No. 227/IT1.B07/TA.01/2022. 13 dosen dari Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB) ITB berhasil menjadi penerima dana program ini. Hasil ini disiarkan pertama kali melalui akun Instagram resmi FITB ITB pada hari Kamis (3/2/2022).

Program Pengabdian Masyarakat ini merupakan penerapan hasil kepakaran sivitas akademik ITB untuk penyelesaian masalah bangsa di lima lingkar mulai dari Bandung Raya, Jawa Barat, Jawa, Luar Jawa, hingga daerah Perbatasan/3T. Empat Prioritas PM ITB adalah Pemberdayaan Wilayah/Desa Binaan, Pemulihan/Reaktivasi Ekonomi Dalam Kerangka AKB, Mitigasi, Adaptasi dan Penanggulangan Bencana, dan Industri Kreatif dan Pariwisata.

Beberapa contoh desa binaan ITB untuk kategori 3T adalah Desa Srinanti, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Untuk kategori daerah luar jawa, ITB melakukan pengabdian masyarakat di Maninjau, Sumatera Barat. Skema pengabdian masyarakat yang diimplementasikan LPPM ITB juga beragam. Mulai dari top down, bottom up, desa binaan, pemulihan ekonomi, citarum harum, kemitraan, kkn mahasiswa, PM Kemenristek, Tanggap Bencana.


Secara rinci, 6 dosen dari FITB ITB bertugas untuk daerah lingkar 4 yaitu daerah di luar pulau Jawa. Mulai dari Aceh, Kalimantan, Kepulauan Riau, Gorontalo, Sumbawa, dan pesisir timur Indonesia. Sementara itu, 4 dosen FITB ITB bertugas untuk daerah lingkar 2 yaitu daerah Jawa Barat. dan 3 dosen bertugas untuk daerah lingkar 1 yaitu sekitar Bandung.

6 Dosen FITB ITB yang bertugas untuk daerah Lingkar 4 :
1. Dr. Susanna Nurdjaman, S.Si., M.T.
2. Dr. Joko Wiratmo
3. Dr. Eka Djunarsjah, M.T.
4. Dr. rer. nat. Rima Rachmayani, S.Si., M.Si.
5. Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T, M.T.
6. Miga Magenika Julian, S.T., M.T.

4) Dosen FITB ITB yang bertugas untuk daerah lingkar 2 :
1. Dr. Deni Suwardhi, S.T, M.T.
2. Dr. rer. nat. Mutiara Rachmat Putri, S.Si., M.Si.
3. Dr. Ayi Tarya, S.Si., M.Si.
4. Dr. rer. nat. Wiwin Windupranata, S.T, M.Si.

3 Dosen FITB ITB yang bertugas untuk daerah lingkar 1 :
1. Arif Susanto, S.T, M.T.
2. Dr. Rusmawan Suwarman, S.Si., M.T.
3. Dr. Irwan Meilano, S.T, M.Sc.
Semoga kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan dapat memberikan manfaat terbesar, baik bagi masyarakat yang dilibatkan, bagi Indonesia sebagai satu kesatuan dan bagi dunia.

Reporter : Yoel Enrico Meiliano (Teknik Pangan, 2020)


scan for download