Sarasehan 10 Tahun Pendidikan Teknologi Informasi di ITB: Inovasi TIK Dalam Pembangunan "C Generation" yang Kreative dan Bernilai Connection, Convergence, Collaboration, Content Creative dan Contextual

 

When
2 - 3 Desember 2008
Where
Sasana Budaya Ganesa ITB
Organizer
Kelompok Keahlian Teknologi Informasi - STEI ITB
Category
Nasional
Participant
Umum
Link agenda
Description

Sarasehan 10 Tahun Pendidikan Teknologi Informasi di ITB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Latar Belakang
Dengan jumlah satuan sambungan telepon seluler yang telah melebihi 110 juta dan pengguna internet sekitar 30 juta, maka hubungan (connection) antar manusia/organisasi di Indonesia menjadi lebih mudah. Konvergensi(convergency) antara komputer, komunikasi dan penyiaran juga memudahkan kolaborasi (collaboration) kerja antara penggunanya (mis: facebook, web 2,0). Lebih lanjut juga memicu dihasilkan konten kreatif digital (content creative) seperti animasi, game dan seterusnya. Selanjutnya apakah semua ini akan menghasilkan karya budaya yang lebih baik atau justru kehancuran (contextual).

Inilah barangkali yang bisa disebut sebagai generasi C (C generation). "C Genaration" dapat dimaknai sebagai suatu generasi baru yang dicirikan oleh Connection, Convergence, Collaboration, Content Creative dan Contextual.

Dalam kaitan ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat erat dengan transformasi perubahan generasi, mulai munculnya teknologi komunikasi pita sempit, pita lebar, mobilitas, konvergensi dengan computer dan broadcasting sampai dengan terjadinya collaboration melalui  jejaring sosial seperti Web 2.0 dan juga lahirnya konten kreatif. TIK menjadi agen pendorong utama dibalik kemunculan "C Generation" yang kehadirannya tidak bisa begitu saja diabaikan. Jika dibarengi dengan suatu orientasi secara nasional, maka kondisi ini tentu akan memberi nilai lebih dalam menghela pembangunan masyarakat ke arah yang lebih baik. Sebaliknya tanpa ada suatu orientasi, panduan serta kesiapan nasional, maka kemunculan fenomena ini hanya akan menggilas sendi-sendi kehidupan bangsa. Oleh karena itu melalui sarasehan ini diharapkan muncul pemikiran-pemikiran baru, kesiapan serta orientasi baru yang memandu masyarakat Indonesia menuju era baru.

Sehubungan dengan hal tersebut dan dalam rangka peringatan 10 tahun Pendidikan Teknologi Informasi di ITB, akan diselenggarakan Sarasehan 10 Tahun Pendidikan Teknologi Informasi di ITB dengan tema: Inovasi TIK Dalam Pembangunan "C Generation" yang Kreatif dan Bernilai Connection, Convergence, Collaboration, Content Creative dan Contextual pada:

Tanggal: 2 - 3 Desember 2008
Tempat: Sasana Budaya Ganesha ITB

Pembicara :

Pembukaan:
- Prof. Dr.  Suhono Harso Supangkat (ITB)

Connection and Convergence:
- Rinaldy Firmansyah (PT. Telkom)
- Kiskenda (PT. Telkomsel)
- Hasnul Suhaimi (PT. XL)
- Johnny Swandi Sjam (PT. Indosat)

Collaboration Content Creative:
- Betty Alisjahbana (Owner QB)
- Abdul (Detik.Com)
- Sujiwo Tejo (Seniman)
- Leila Ainaki (Asosiasi Animasi)

Contextual:
- Dr. Didi Achyarri (UGM-Ekonom)
- Prof. Musa Asy'arie (Depkominfo-Sosiolog)

Alumni
- Abdul Somad Arief (PT. Telkom)
- Prima (PT. Indosat)
- Irawan Bayuaji (Bank Mandiri)
- FX.  Rusiawan (PT. Pupuk Kaltim)

Mahasiswa
- Ismail
- Basuki Rahmat
- Ahmad Dahlan
- Cut Flarni
- Nanang Ismail

Informasi selanjutnya bisa menghubungi:
Kelompok Keahlian Teknologi Informasi
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Institut Teknologi Bandung
LABTEK VIII - Lantai 3
Jl. Ganesha 10 Bandung, 40132
Telp: Meisa (022-2500985), (08562072232)
Faks: 022-2500985
e-mail: qsyameisa@yahoo.co.id atau  meisa@stei.itb.ac.id

Download Files