Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo 2008

 

When
Senin-Selasa, 3-4 November 2008
Where
ITB
Organizer
Prodi Teknik Kimia
Category
Internasional
Participant
http://www.che.itb.ac.id/stksr/
Link agenda
Description

PERAN INSINYUR KIMIA DALAM PENCEGAHAN KECELAKAAN INDUSTRI DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Kampus ITB, 3-4 Nov. 2008

________________________________________

Seiring dengan tumbuh-pesatnya industri kimia dan pengolahan migas di Indonesia, tingkat resiko kecelakaan industri yang dihadapi oleh bangsa Indonesia pun meningkat. Insinyur kimia memiliki peran penting dalam menurunkan tingkat resiko tersebut, karena insinyur kimia berperan aktif dalam setiap tahapan pada pembangunan suatu pabrik/fasilitas yang dimulai dari perancangan hingga decommissioning-nya. Peran-peran yang dapat dimainkan oleh insinyur kimia di antaranya adalah pemilihan proses yang ramah lingkungan serta aman, pengembangan dan penerapan metodologi identifikasi bahaya, perancangan pabrik/fasilitas yang menerapkan kaidah inherently safer design, serta pengembangan metodologi dalam pengoperasian, pemonitoran dan pengendalian proses untuk pencegahan kecelakaan dan pencemaran lingkungan.

Meski sudah menjadi kebutuhan mendesak, namun pertemuaan ilmiah yang mengangkat tema sekitar Safety, Health and Environment (SHE) relatif masih terbatas di Indonesia. Karena itu, melalui kegiatan pertemuaan ilmiah Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo (STKSR) 2008, kami mengundang khalayak Teknik Kimia dan disiplin lain yang terkait, untuk bertukar pikiran dan pengalaman dalam forum seminar yang mengusung tema Peran Insinyur Kimia dalam Pencegahan Kecelakaan Industri dan Pencemaran Lingkungan ini. Akademisi dan praktisi sangat dianjurkan untuk bersama-sama aktif berpartisipasi dalam pertemuan ini.

Jadwal Penting

1 September 2008 Batas Akhir Penerimaan Abstrak

15 September 2008 Pemberitahuan Makalah yang Terpilih

27 Oktober 2008 Batas Akhir Penerimaan Makalah Lengkap

3-4 November 2008 Pelaksanaan Seminar

 

Alamat Panitia Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo 2008 u.p. Dr. Azis Trianto Program Studi Teknik Kimia - FTI - Institut Teknologi Bandung Jalan Ganesa 10 Bandung 40132 - Indonesia Telp. +62 (22) 2500989 ext. 323, 324, 358 Fax. +62 (22) 2501438

Email: stksr@che.itb.ac.id

http://www.che.itb.ac.id

IGBN Makertihartha-TEKNIK KIMIA