Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil (KNPTS) 2017

Latar Belakang
Infrastruktur merupakan kunci utama dalam menunjang perwujudan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia. Ketersediaan infrastruktur atau prasarana fisik yang mapan seperti jalan, pelabuhan, bandara, tenaga listrik, telekomunikasi, irigasi, air bersih dan sanitasi serta berbagai bangunan pelengkap kegiatan permukiman lainnya, berperan sangat penting bagi peningkatan produksi nasional dan distribusi hasil perekonomian serta kualitas kehidupan sosial masyarakat. Keberadaan infrastruktur juga dapat memberikan gambaran kemampuan berproduksi masyarakat dan tingkat kesejahteraan masyarakat, sehingga tidak mengherankan jika kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas infrastrukturnya.

Untuk dapat berfungsi dengan baik maka tahapan perancangan, perencanaan, operasi konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur itu harus berkelanjutan. Oleh sebab itu selain ketersediaan infrastruktur yang tak kalah pentingnya adalah berkelanjutan dari infrastruktur itu sendiri.

Tantangan ke depan pembangunan infrastruktur berkelanjutan merupakan hal yang harus disikapi dengan baik oleh para akademisi, peneliti dan praktisi di dunia konstruksi, sehubungan dengan perihal tersebut Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil melalui Konferensi Nasional tahunan yang tahun ini merupakan tahun ke-9 (Sembilan) memberikan kesempatan kembali mahasiswa dan alumni pascasarjana teknik sipil untuk saling bertukar pikiran dan diskusi mengenai invensi dan ide-ide riset inovatif dalam dunia konstruksi terkini dalam rangka menunjang pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

Tema Kegiatan
Tema yang diusung dalam Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil Tahun 2017 adalah: ” Invensi, Inovasi dan Riset dalam mendukung Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”

Topik dan Peserta
Topik Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil meliputi bidang-bidang:
1. Manajemen dan Rekayasa Konstruksi/ Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur
2. Rekayasa Struktur
3. Rekayasa Geoteknik
4. Rekayasa dan Manajemen Sumber Daya Air
5. Rekayasa dan Manajemen Transportasi

Adapun target peserta sebanyak 50 orang yang merupakan peserta pemakalah terseleksi, dengan sasaran:
• Kategori A:
Lulusan Pascasarjana Teknik Sipil S2 dan S3 (lulusan maksimal 2 tahun yang lalu) yang berkeinginan mengkomunikasikan hasil-hasil penelitiannya (Tesis dan Disertasi)
• Kategori B:
Mahasiswa Pascasarjana Teknik Sipil S2 dan S3 yang sedang dalam tahap menyelesaikan kegiatan penelitian dan berkeinginan mengkomunikasikan perkembangan penelitiannya;
• Kategori C:
Mahasiswa Pascasarjana Teknik Sipil S2 dan S3 yang sedang dalam tahapan penyusunan rencana penelitian dan berkeinginan mengkomunikasikan Rencana Penelitiannya.

KOMPETISI SEDYATMO AWARDS
Kompetisi lainnya adalah presentasi 3MT (Tiga Menit Tesis) dan 3MD dan 3MD (Tiga Menit Disertasi), diwajibkan untuk pemakalah Kategori A. Presentasi diperkenankan untuk menunjukkan slide presentasi maksimal 2 (dua) slide. Semua makalah yang masuk akan dipilih makalah terbaik dari maing-masing kategori. Kriteria penilaian makalah terbaik adalah makalah yang dipresentasikan dan ditulis dengan baik mengikuti kaidah-kaidah penulisan makalah ilmiah yang baik dan benar.

FORMAT ABSTRAK & MAKALAH
Abstrak Berbahasa Indonesia, maksimal 1 (satu) halaman menggunakan kertas ukuran A4, diketik dengan hurus Times New Roman 12, spasi tunggal. Margin Kiri 3,5 cm, Kanan 2,5 cm, Atas 3 cm, Bawah 3 cm. Abstrak harus memuat judul, nama penulis dan pendamping, institusi, dan alamat email. Susunan abstrak terdiri dari:
• Untuk penelitian yang telah selesai seluruhnya atau sebagian, mencakup setidaknya latar belakang, tujuan, metodologi, hasil, serta kesimpulan.
• Untuk rencana penelitian mencakup setidaknya latar belakang topik, tujuan yang ingin dicapai, metodologi yang diusulkan, serta gambaran hasil yang diharapkan.
Makalah berbahasa Indonesia maksimal 8 halaman menggunakan kerta ukuran A4, spasi tunggal, dan satu kolom, Huruf Times New Roman 12. Batas Margin Kiri 3,5 cm, Kanan 2,5 cm, Atas 3 cm, Bawah 3 cm. Susunan makalah terdiri dari:
• Untuk penelitian yang telah selesai seluruhnya atau sebagian, meliputi Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka atau Dasar Teori, Metoda Penelitian, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
• Untuk rencana penelitian disesuaikan dengan standar format penulisan proposal peneltian meliputi Latar Belakang, Identifikasi Permasalahan, Tujuan, Metoda Penelitian, Tinjauan Pustaka, dan Daftar Pustaka.
Template format abstrak dan makalah dapat diunduh melalui website http://www.knpts.itb.ac.id

REVIEWER EKSTERNAL
• Prof. (R) Dr. Ing. Andreas Wibowo, MT (Litbang Puskim PUPR/ Universitas Katolik Parahiyangan) - Manajemen dan Rekayasa Konstruksi/ Rekayasa dan Manajemen Infrastruktur
• Prof. Dr. Ir. Sri Murni Dewi, MS (Universitas Brawijaya) – Rekayasa Struktur
• Prof.Dr.Ir. Munirwansyah, M.Sc (Universitas Syiah Kuala) – Rekayasa Geoteknik
• Prof. Robertus Wahyudi Triweko, Ph.D. (Universitas Katolik Parahiyangan) – Rekayasa Sumber Daya Air
• Prof. Dr.Ir. Budi Hartanto Susilo, M.Sc. (Universitas Kristen Maranata) – Rekayasa dan Management Transport

TANGGAL PENTING PADA RANGKAIAN KEGIATAN KNPTS 2017
• Akhir pengumpulan abstrak: 3 Juli 2017
• Pengumuman penerimaan abstrak: 3 Agustus 2017
• Akhir pengumpulan makalah dan pembayaran peserta pemakalah: 3 September 2017
• Pelaksanaan Konferensi: 3 Oktober 2017

BIAYA PENDAFTARAN
Sumber pemasukan diharapkan dapat berasal dari kontribusi Peserta Konferensi dan Sponsor sebagai berikut:
• Pemakalah: Rp 300.000
• Umum (Non Mahasiswa): Rp 200.000
• Umum (Mahasiswa): 150.000

KEYNOTE SPEAKER
Ir. Yusid Toyib, M.Eng.Sc.*, Direktur Jendral Bina Konstrukso Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (*masih dalam konfirmasi)

SEKRETARIAT
Untuk kebutuhan surat menyurat, pengiriman makalah dan informasi mengenai kegiatan, maka dapat menghubungi alamat:
Panitia Konferensi Nasional Pascasarjana Teknik Sipil
Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil
FTSL ITB Jl. Ganesha no. 10 bandung 40132
022-2502272 / 022-2510714 (fax)
E-mail: info@knpts.itb.ac.id atau knptsitb2017@gmail.com
Website: www.knpts.itb.ac.id

CONTACT PERSON (call/sms/whatsapp):
Leo Sentosa 0812.7629.075
Yunita Afliana Messah 0813.5490.0335
Rindu Twidi Bethary 0899.6844.333
Atmi Verani 0811.231.324


3 Oktober 2017
Kampus ITB Ganesha Directories

Organizer FTSL ITB
Participant Mahasiswa S2, S3, dan Alumni S2, S3 (maks. 2 tahun waktu kelulusan)
Tambah di kalender saya
May 2017
MoTuWeThFrSaSu
124567
891011121314
151617181921
22232425262728
293031    
Download