Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

23 July 2014
Current weather
21.4 C
Humidity:94 %

Dalam rangka membangun BUMN Indonesia yang sehat, profesional dan mempunyai daya saing global, Kantor Menteri Negara BUMN pada bulan Juli 2004 telah mencanangkan Indonesia Quality Award (IQA) for BUMN yang bertujuan utama untuk meningkatkan secara konsisten, terpadu dan berkelanjutan kualitas dan daya saing BUMN. Sebagai tahap awal upaya pembangunan kinerja efektif BUMN, maka telah disepakati oleh forum pimpinan puncak BUMN pada acara pencanangan IQA di atas untuk melakukan audit kinerja di masing-masing BUMN dengan menggunakan pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Exellence (MBCFPE) atau sering juga disebut Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA).

MBCFPE merupakan sebuah metode audit kinerja perusahaan yang diterapkan pertama kali di tahun 1987 oleh pemerintah Amerika Serikat untuk meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan berbendera Amerika. Dewasa ini metode MBCFPE telah diadopsi dan diterapkan secara luas di berbagai belahan dunia. Di Amerika metode MBCFPE ini digunakan untuk menilai kinerja perusahaan-perusahaan Amerika dan memberikan penghargaan kepada perusahaan Amerika yang terpilih sebagai perusahaan terbaik (world class company) dalam mengelola kinerja finansial dan non-finansialnya. Kriteria penilaian kinerja perusahaan dari Malcolm Baldrige sendiri dinilai cukup luas, bukan hanya menilai kinerja perusahaan hanya dari kriteria kinerja keuangan saja, namun juga menganalisis dan mengevaluasi kinerja perusahaan dari kriteria nonfinansial. MBCFPE terdiri dari berbagai kriteria penilaian kinerja perusahaan yang sangat komprehensif dan terpadu, dibangun berdasarkan core values yang sangat relevan dengan kondisi perusahaan yang sedang menghadapi tantangan berat untuk membangun keunggulan kinerja finansial dan non-finansialnya di tengah dinamika perubahan lingkungan bisnis, tuntutan stakeholders, dan globalisasi.

IQA FOR BUMN mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan daya saing BUMN di masa kini dan mendatang. Untuk membangun kinerja BUMN yang efektif, forum IQAFOR BUMN telah menyiapkan sejumlah tahapan perbaikan kinerja sistematis dan terpadu yang diadopsi dari pendekatan MBCFPE. Secara keseluruhan ada 3 (tiga) tahapan utama, yaitu : TAHAPAN AWARENESS,TAHAPAN AUDIT KINERJA dan TAHAPAN PENINGKATAN KINERJA.

Untuk mendukung kebijakan Kantor Menteri Negara BUMN khususnya dikaitkan dengan upaya membantu memasyarakatkan IQA FOR BUMN di atas, maka LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) Institut Teknologi Bandung bermaksud untuk menyelenggarakan pelatihan dan simulasi manajemen audit kinerja perusahaan dengan pendekatan MBCFPE/MBNQA.


METODE AUDIT KINERJA DENGAN PENDEKATAN MBCFPE

Metode MBCPFE adalah sebuah perangkat audit sistem manajemen ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam 7 (tujuh) kategori penilaian, yakni :
1. Kategori 1 : Leadership (Kepemimpinan)
2. Kategori 2 : Strategic Plan (Perencanan Strategis)
3. Kategori 3 : Customer and Market Focus (Fokus pada pasar dan pelanggan)
4. Kategori 4 : Measurement , Analysis and Knowledge Management (Pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan)
5. Kategori 5 : Human Ressources Management (Manajemen sumber daya manusia)
6. Kategori 6 : Process Management (Manajemen proses)
7. Kategori 7 : Business Results (Hasil-hasil bisnis)

Perangkat audit kinerja MBCFPE ini bertujuan untuk mendiagnosa dan menilai bukan hanya keberhasilan perusahaan atau unit-unit usaha dalam meraih sejumlah tujuannya (kategori 7), namun juga mempertimbangkan cara-cara, upaya atau proses (kategori 1 s.d 6) perusahaan atau unit usaha dalam mencapai hasil-hasil bisnisnya (kategori 7).

Peserta program ini diharapkan dari pihak industri maupun non-industri, dengan posisi sebagai Pimpinan Puncak Perusahaan, Kepala Divisi, General Manager, Manager, Pimpinan Cabang Perusahaan ataupun Asisten Manajer. Instruktur pelatihan adalah staf dosen ITB, diantaranya adalah Dr. Ir. Kadarsah Suryadi,DEA (Teknik Industri ITB), Ir. Budhi Prihartono,DEA (Teknik Industri ITB), Ir.Putu Adnyana, MM (Mantan Manager Mutu PT Pertamina (PERSERO))

Pelatihan dan simulasi ini akan berlangsung Maret - Mei 2006, dalam 3 hari pelatihan. Untuk itu, akan diberikan kesempatan bagi 6 angkatan. Bagi anda yang berminat silahkan menetukan jadwal/angkatan pelatihan.

Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Bandung
Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel. 022-2501759,2500939, 4254032
Fax. 022-2504010
Informasi:
1. Herry Hermiawan
2. Reny Dwiyanti
3. Galih Purwandoko,SH (08122166428)
Website : http://www.lppm.itb.ac.id/MBNQA.pdf
Email : kadarsah@bdg.centrin.net.id;clarkkent@telkom.net
agung@lppm.itb.ac.id