Jazz Aula Barat #3: Jazz yang Menyegarkan

Oleh Abdiel Jeremi W

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Jumat (02/12/16) malam itu kampus ITB Ganesha cukup ramai dengan beragam acara. Salah satunya adalah Jazz Aula Barat #3 yang digelar oleh Humas ITB bekerja sama dengan unit kegiatan mahasiswa ITB Jazz dan Riza Arshad (alumnus Desain Grafis ITB). Konser ini menghadirkan Mery Kasiman Big Band, yang digawangi oleh Gerald Situmorang, Donny Sundjoyo, Dimasa Pradipta, Eugene Bounty, Riza Arshad, dan musisi-musisi jazz lainnya. Selain itu, Mery Kasiman juga membawakan lagu Time bersama Tina Simanjuntak dan It Could Happen To You bersama Aimee Saras.

Jazz Aula Barat terakhir diselenggarakan pada Kamis (14/04/16) silam. Namun, Aula Barat memiliki peran yang besar dalam sejarah jazz di Indonesia. Konser-konser jazz yang historis pernah dihelat di Aula Barat ITB pada dekade 60-an hingga 90-an. Beberapa musisi jazz yang pernah tampil di Aula Barat adalah Eddy Karamoy, Bubi Chen, Indra Lesmana, Benny Golson dan Tony Scott. Atmosfer intelektual ITB yang terbuka akan ide-ide baru menjadi tanah yang subur bagi musik jazz untuk bertumbuh. Penikmat jazz di ITB adalah mahasiswa ITB, mahasiswa kampus lain, bahkan juga dosen-dosen ITB.

Penutup Perkuliahan Semester Ganjil yang Manis
Semester ganjil tahun ini dimulai pada hari Senin (29/08/16) dan diakhiri di Jumat kemarin. Tak ayal, Jazz Aula Barat menjadi sebuah pelipur lara bagi mahasiswa-mahasiswa yang hendak memasuki masa Ujian Akhir Semester Senin (05/12/16) mendatang. "Asyik banget malam ini. Akhirnya setelah nonton jazz lagi setelah sekian lama gak nonton konser musik jazz. Menutup semester ini dengan asyik lah," ujar Poeti Surya C. (Teknik Sipil 2014). Bahkan, audiens meminta penampilan tambahan seusai lagu terakhir yang dimainkan oleh Mery Kasiman Big Band.


Lagu-lagu yang dibawakan dalam Jazz Aula Barat ketiga ini diaransemen secara indah oleh Mery Kasiman demi menyampaikan makna dari lagu tersebut kepada audiens. Lagu Time yang dibawakan bersama Tina Simanjuntak memberikan pesan yang mendalam tentang waktu untuk segala sesuatu, termasuk memulai sesuatu yang baru. Di sisi lain, Aimee Saras membawakan lagu ciptaannya, It Was June, yang berkisah tentang kisah cinta di bulan Juni. Aimee membawa audiens ke suasana kasmaran di Prancis pada bulan Juni. It Was June menjadi lagu terakhir yang dibawakan oleh Aimee bersama Mery Kasiman Big Band malam itu. Penampilan spontan big band tersebut memperoleh standing ovation dari audiens yang sangat bahagia di malam Sabtu tersebut. "Kampus ini berisi orang-orang luar biasa yang pinter banget!" ujar Mery Kasiman ketika ditanya pendapatnya mengenai ITB seusai Jazz aula Barat #3. "Rencananya, Jazz Aula Barat ini akan dilaksanakan setiap tahun," ujar Dewi Rupiani dari Humas ITB.

Sumber dokumentasi: dokumentasi pribadi


scan for download