Tim ITB Sabet Juara di Ajang The 9th TGC in Action

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -Mahasiswa ITB kembali mengharumkan nama ITB di kancah nasional. Kali ini, tim ITB berhasil menjuarai Lomba Debat Nasional pada acara The 9th TGC in Action (TIA) yang digelar di Institut Pertanian Bogor, Bogor pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016. Tim ITB beranggotakan Rahadian Muslim (Teknik Pertambangan 2013), Maria Pradnya Paramita (Teknik Pertambangan 2014), serta Dendy Reza Fahlevi (Teknik Pertambangan 2013).

Lomba yang digelar di Institut Pertanian Bogor, Bogor ini merupakan acara tahunan yang digelar Himpunan Profesi TGC (Tree Grower Community) yang pada tahun ini telah memasuki tahun ke-9. The 9th TIA mengusung tema "Think and Act for Sustainable Environment". Selain lomba debat, acara ini pun menyelenggarakan perlombaan berskala nasional lain seperti video aksi lingkungan, debat nasional, esai ilmiah, desain poster, serta lomba karya ilmiah remaja.

Lomba debat yang diikuti oleh tim ITB ini bertemakan "Berpikir Kritis dan Berwawasan Lingkungan". Selain meraih juara 1 lomba debat nasional, Rahadian sebagai salah satu anggota tim pun berhasil meraih titel Best Essay atas esainya yang berjudul "Inovasi Pemanfaatan Pulpa Kopi sebagai Absorben Limbah Logam Berat Industri Batik". Selain itu, Dendy pun berhasil meraih predikat Best Speaker di ajang The 9th TIA ini.

Ditemui di Kampus Ganesha, Rahadian sebagai salah satu anggota tim dari ITB bersyukur mereka bisa membawa 3 gelar dari acara tersebut. "Semoga melalui ajang ini, mahasiswa, terutama sebagai mahasiswa yang belajar di jurusan yang bersifat industri ekstraktif semisal Teknik Pertambangan, semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan, bahwa lingkungan bukan hanya urusan kepentingan pemerhati dan ahli lingkungan semata, tetapi merupakan urusan kita semua untuk senantia menjaga dan melestarikannya." Ujar Rahadian menutup sesi wawancara.


scan for download