Sebagai Kampus Technopreneurial, ITB Jadi Tuan Rumah Seleksi Startup World Cup (SWC) Regional Bandung

Oleh Anin Ayu Mahmudah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kehidupan berteknologi nampaknya telah berhasil membawa perubahan besar bagi pola hidup manusia, salah satunya dalam kehidupan berwirausaha. Sebagai kampus teknologi yang juga mengembangkan ilmu bisnis dan manajemen, ITB dipilih menjadi tuan rumah dalam seleksi pemilihan best startup dalam gelaran  Startup World Cup (SWC) regional Bandung pada Selasa, 26 Juli 2016 tepatnya di ruang Auditorium Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB.

 

SWC merupakan ajang pemilihan startup terbaik dari seluruh dunia dalam bidang bisnis berbasis teknologi. Kompetisi ini melibatkan 15 regional dari 13 negara yang nantinya akan bertanding pada grand final di Marriott Marquis Hotel di San Francisco, California pada 24 Maret 2017 mendatang. Bertajuk "Change the World. Win $1 Million To Do It", kompetisi ini menjanjikan hadiah sebesar satu juta dolar kepada pemenang SWC untuk mendukung realisasi dari ide yang mereka kembangkan dalam rangka merubah dunia menjadi lebih baik.

Mencari Bill Gates dan Mark Zuckerberg Baru

Pada dasarnya kompetisi ini dapat diikuti oleh berbagai pihak, namun sasaran utamanya tetap untuk mereka yang tengah berada di bangku kuliah atau orang-orang muda yang sedang giat mengembangkan diri. Siapa yang tak kenal Bill Gates atau tak tahu Facebook? Hampir semua orang di dunia mengambil manfaat dari hasil karya mereka, begitulah kira-kira pemahaman change the world di sini. Kenyataannya, Bill Gates dan  Mark Zuckerberg  mulai mengembangkan karya mereka ketika keduanya masih di bangku kuliah.

Siapakah Bill Gates atau Mark Zuckerberg berikutnya? Pertanyaan seperti inilah yang menjadi tolak ukur dalam Startup World Cup. Untuk menemukan jawabannya, maka perlu dikumpulkan ide-ide hebat dari berbagai penjuru dunia. Melalui perlombaan dengan skema world cup, akan dipilih yang terbaik untuk kemudian diberikan pelatihan guna merealisasikan ide tersebut melalui startup.

Indonesia sendiri akan mengadakan roadshow di beberapa kota besar seperti Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan, dan Makassar. Dari berbagai kota tersebut akan dipilih satu yang terbaik pada 23 Agustus mendatang yang nantinya akan mewakili Indonesia dalam kompetisi Internasional. Untuk seleksi hari ini, Azzam Trade sebagai sebuah marketplace busana muslim yang berorientasi ekspor-impor sebagai pemenang  SWC dalam roadshow di kota Bandung.

Nazier Ariffin selaku penanggungjawab acara seleksi Startup World Cup regional Bandung hari ini menegaskan, "Majunya perekonomian Indonesia adalah melalui startup, yaitu dengan mengembangkan usaha yang berbasis teknologi. Selama ini Indonesia hanya bangga dengan banyaknya tenaga kerja dan kekayaan alam yang melimpah ruah, kami ingin ada kekuatan ekonomi baru yang didasari oleh teknologi startup itu sendiri."

Sumber Foto: Dokumen Pribadi

scan for download