Dua Mahasiswa ITB Wakili Indonesia Ajang Kompetisi Internasional

Oleh Teguh Yassi Akasyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sekian kalinya, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali memperoleh prestasi internasional dalam kategori akademik. Pasalnya, dua mahasiswa dari Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah, Wijayanti Ashuri dan Anwar Zulkhoiri, berhasil lolos dalam babak akhir ajang International Hydrogeological Competition 2016 yang diselenggarakan oleh International Association of Hydrogeologist (IAH) pada September 2016 mendatang. Kompetisi ini akan diselenggarakan di Montpellier, Perancis.

Terdapat sepuluh peserta yang berasal dari berbagai penjuru dunia dan akan berkompetisi dalam ajang tersebut. Patut dibanggakan, karena hanya tim dari ITB dan China yang berhasil mewakili benua Asia dalam babak akhir tersebut. Sebelumnya, masing-masing tim dari berbagai negara berkompetisi di tingkat nasional, regional dan akhirnya di babak akhir ini. "Selamat kepada Bapak Lambok Hutasoit (Dosen Teknik Air Tanah ITB) selaku pembimbing dari tim tersebut," tutur Agus Mochamad Ramdhan (Ketua Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah ITB) dalam penyampaian informasi ini secara daring kepada civitas akademik ITB.

Sekilas Tentang Teknik Air Tanah ITB

Kondisi hidrogeografi Indonesia yang dikenal sangat spesifik perlu dipelajari dan diteliti lebih mendalam. Selama ini, pemahaman mengenai hidrogeologi terbatas pada air tanah sebagai sumber daya. Padahal, selain sebagai sumber daya yang perlu dikonservasi, air tanah juga dapat berfungsi sebagai kendala teknis yang perlu diperhatikan terutama dalam rekayasa sipil, pertambangan, hidrokarbon, panas bumi, mineral, dan fasilitas bawah tanah. Berdasarkan pemikiran tersebut, ITB melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian membuka Program Studi Pasca Sarjana Teknik Air Tanah dengan calon pelajar berasal dari Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Geofisika dan Meteorologi, Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, Geografi Fisik, Teknik Lingkungan dan Fisika Bumi, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta dan lulusan luar negeri.  


scan for download