ITB Selenggarakan Konferensi Nuklir Internasional

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Nuklir merupakan salah satu teknologi modern yang saat ini sedang gencar dikembangkan untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk penyediaan energi. Kelompok Keahlian Fisika Nuklir Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB mengadakan the 5th International Conference on Advances in Nuclear Science and Engineering di Aula Timur ITB (17-20/11/15). Kegiatan yang diadakan dua tahun sekali ini, sebelumnya diselenggarakan di Bali dan kali ini ITB terpilih menjadi tuan rumah kegiatan bergengsi ini. Menurut Prof. Zaki Su'ud selaku Ketua Penyelenggara, tujuan dari konferensi ini adalah untuk mengikhtisarkan kegiatan riset-riset terkini dalam penggembangan dan inovasi aplikasi nuclear science and engineering serta menjadi wadah komunikasi antara ahli nuklir dunia.
Kegiatan berskala internasional ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Opening pada hari Selasa (17/11/15) di Auditorium Campur Center Timur yang berisi lecture dari Prof. Zaki Su'ud (Fisika, ITB), Prof. Dmitrii Samokhin (MEPhI, Rusia), Prof. Hiroshi Sekimoto (Tokyo Tech, Jepang), dan Prof. Sumer Sahin (ATILIM University, Turki). Kemudian selain agenda ilmiah terdapat pula kegiatan mengenalkan budaya dan wisata di Kota Bandung melalui One Day Tour pada hari Rabu (18/11/15) dengan mengunjungi Saung Angklung Udjo, Tangkuban Perahu, Floating Market Lembang, dan lain sebagainya. Kemudian kegiatan intinya yaitu konferensi, dilaksanakan pada hari Kamis-Jumat (19-20/11/15) di Aula Timur ITB. Untuk konferensi hari pertama diawali dengan Opening Ceremony oleh Prof. Zaki Su'ud dan Prof. Hiroshi Sekimoto kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speaker oleh Prof. Djarot S. Wisnubroto (Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)) yang memaparkan perihal "BATAN Policy and Strategy on Nuclear Energy Program in Indonesia", Prof. Kim Yonghee (KAIST, Korea Selatan) yang mempresentasikan topik "R&DD Actiivities for the PGSFR Design and Construction", serta Prof. Sumer Sahin (ATILIM University, Turki) dengan tajuk "Conventional and Advanced Nuclear Reactors". Setelah istirahat makan siang, dilanjutkan Parallel Session hingga sore hari.

Pada hari kedua, Jumat (20/11/15) diawali dengan Keynote Speaker dari Prof. Hiroshi Sekimoto (Tokyo Tech, Jepang) yang membawakan topik "A Roadmap of Innovative Nuclear Energy System", Dr. Arnold Soestrianto (KEDRN, Indonesia), dan Prof. Dimitrii Samokhin (MEPhI, Rusia) yang mempresentasikan topik "Russian Innovative Nuclear Technologies". Kemudian dilanjutkan dengan Parrarel Session, Keynote Speaker dari Prof. Jazi Eko Istiyanto (Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir), dan Closing Ceremony. Kegiatan ini juga menghadirkan 60 pemakalah yang mempresentasikan makalah mereka dalam Parallel Session serta dihadiri oleh mahasiswa ITB dari berbagai keilmuan yang tertarik dengan nuclear science and engineering.

scan for download