Mahasiswa ITB ikuti Seminar FLNG Process Safety and Asset Integrity Management

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Floating Liquefaction Natural Gas (FLNG) Plant baru-baru ini menjadi topik hangat pembicaraan di Indonesia. FLNG Plant sebenarnya bukan teknologi baru. Namun di Indonesia, FLNG Plant di Blok Masela ini merupakan FLNG Plant pertama di Indonesia sehingga sebagai insan akademis terutama yang tertarik di bidang oil and gas, ilmu dan teknologi mengenai FLNG sangatlah penting. INPEX dan SKK Migas berkerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan kegiatan "EXPAT Goes to Campus" dengan tajuk "FLNG Process Safety and Asset Integrity Management" pada hari Selasa (20/10/15) dan Rabu (21/10/15) pada pukul 08.00-13.00 WIB di Ruang Seminar Lantai 2 Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD).
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah knowledges, experiences, and technologies sharing dari ekspatriat (pekerja atau ahli dari luar negeri) kepada kalangan akademis terutama perguruan tinggi. Dalam kegiatan ini, dihadirkan Abdi Reza Nayak (Manager Operations System di INPEX Masela Ltd.) yang telah berpengalaman dalam dunia migas selama 34 tahun dan Tim Wenman (Manager Engineering Exellence Aset Integrity Technical Authority di INPEX Masela Ltd.). Pada hari Selasa dipaparkan topik mengenai hazard effect management process dan hari Rabu mengenai asset management. Aspek safety dan operation pada FLNG merupakan inti dari materi yang disampaikan mengingat teknologi FLNG ini merupakan teknologi baru dan kompleks. Selain dua topik tersebut disampaikan pula mengenai profil perusahaan INPEX dan karir di bidang oil and gas. Kegiatan sharing dari ekspatriat ini, secara jangka panjang diharapkan mampu memberikan ilmu kepada penerus bangsa nantinya, mengingat ekspatriat di Indonesia memiliki batas kerja sesuai peraturan pemerintah sehingga suatu saat anak-anak bangsa mampu berkarya sepenuhnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 mahasiswa dari berbagai program studi terutama dari Teknik Mesin, Teknik Material, Teknik Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Sipil, dan Teknik Penerbangan. Menurut Dinar Indriana Khoiriah selaku Head Project Communication and Relation Departement INPEX mengatakan "Harapan kedepannya, akademisi selaku bagian dari stakeholder tidak hanya sebatas  ini, namun juga ikut kolaborasi agar proyek FLNG ini mampu memenuhi harapan pemangku kepentingan dalam penyedian energi untuk bangsa."

scan for download