ITB Selenggarakan Medical Check-Up untuk Pejabat Struktural dan Guru Besar

Oleh Nur Huda Arif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kesehatan merupakan perihal yang penting dalam hidup karena kesehatan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas aktivitas seseorang. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Kesehatan Institut Teknologi Bandung (ITB) Bumi Medika Ganesha (BMG) menyelenggarakan kegiatan Medical Check-Up Pejabat Struktural ITB 2015. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya di klinik Bumi Medika Ganesha  lantai 1, Jalan Gelap Nyawang No. 2 Bandung (10-31/08/15) dari pukul 07.00-12.00 WIB. Dr. Sasanti Tarini Darijanto selaku kepala UPT Bumi Medika Ganesha menyatakan, "Kegiatan ini diselenggarkan dengan tujuan agar setiap tahunnya, kita mengetahui kesehatan secara umum, terutama dari pejabat-pejabat struktural ITB dan guru besar, mengingat tingkat kesibukan di ITB begitu padat, yang diharapkan kita dapat memberikan anjuran untuk lebih berhati-hati dan waspada mengenai kesehatan tubuh terlebih jika hasil pemeriksaan kesehatan terdeteksi sesuatu yang perlu ditindak lanjuti".

Kegiatan medical check-up ini ditujukan kepada pejabat struktural dan guru besar ITB, yang meliputi: Rektor, Wakil Rektor, Guru Besar, Guru Besar Emeritus, Direktur, Wakil Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Prodi, Ketua/Kepala Pusat/Badan/Satuan/Lembaga/UPT/Divisi/Bagian, Wakil Kepala UPT/Bagian/Lembaga, Kepala Sub Bagian, Kepala Sub-Direktorat, dan Kepala Sekretariatan. Undangan kegiatan medical check-up ini telah disebar sebelumnya kepada 618 pejabat struktural ITB dan sampai akhir masa kegiatan, pejabat struktural ITB telah melakukan pemeriksaan kesehatan. "Kegiatan ini tidak bersifat wajib, melainkan lebih menekankan pada pentingnya usaha pencegahan penyakit serta kewaspadaan terhadap kesehatan," ungkap Sasanti.


Pemeriksaan kesehatan meliputi: pemeriksaan darah, Rontgen, elektrokardiogram (EKG), dan pemeriksaan fisik. Untuk pemeriksaan darah, UPT Bumi Medika Genesha berkerjasama dengan Laboratorium Pramitha melalui proses tender. Sedangkan untuk pemeriksaan Rontgen dan EKG serta pemeriksaan fisik oleh dokter dilakukan oleh tenaga medis dan alat yang tersedia di Klinik Bumi Medika Ganesha. Alur kegiatan medical chek-up dimulai dengan mendaftar ke petugas pendaftaran dan petugas Laboratorium Klinik akan melakukan pemeriksaan kondisi darah-1 dan urine-1. Selanjutnya pasien melakukan rekam jantung (EKG) dan foto Rontgen, dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik oleh dokter umum. Sesudah pemeriksaan tahap I, pasien disediakan makan pagi di ruang makan dan kembali melakukan pemeriksaan kondisi darah-2 dan urine-2 tepat dua jam setelah selesai makan. Apabila hasil pemeriksaan kesehatan diindikasikan gangguan kesehatan pada tubuh yang cukup serius maka akan dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam yang ada di Klinik Bumi Medika Ganesha. "Diharapkan partisipasi pejabat struktural dan guru besar dalam kegiatan ini cukup besar sesuai taerget yang telah ditetapkan, agar masalah kesehatan yang mungkin dapat mempengaruhi produktivitas kerja dapat dikurangi. Kalau ada indikasi untuk tindakan lebih lanjut, diharapkan agar dapat diikuti," kata Sasanti.


scan for download