Tingkatkan Kontribusi, ITB Berikan Hibah Penerbitan Buku Bagi Dosen

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu perguruan terkemuka di Indonesia memiliki peran dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Kontribusi dalam ilmu pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui bidang pengajaran, penelitian, maupun publikasi. Melalui publikasi, manfaat dan pengetahuan yang diberikan akan lebih luas dirasakan oleh masyarakat. Namun, harapan tersebut masih belum terpenuhi. Dari segi penerbitan buku, ITB masih kurang dibandingkan dengan perguruan terkemuka lainnya. Maka dari itu, ITB memberikan penghargaan kepada para dosen yang telah menulis buku berupa hibah Bantuan Penerbitan Buku Teks untuk mendorong peningkatan jumlah buku yang dihasilkan oleh kampus Ganesha ini.
Direktorat Pendidikan ITB memberikan hibah dengan nilai hingga 20 juta rupiah untuk penerbitan buku teks. Buku teks dianggap memiliki fungsi tambahan sebagai media belajar dama penguasaan pengetahuan dan kemampuan selain melalui malkalah ilmiah. Kesempatan ini terbuka bagi seluruh dosen aktif ITB yang bisa berasal dari lebih dari satu kelompok keahlian di ITB. Sehingga buku yang akan diterbitkan pun bisa terbuka untuk semua bidang keilmuan yang diampu di kampus ITB. Jenis buku berupa buku teks matakuliah dalam kurikulum ITB 2013 dengan tebal minimal 120 halaman yang bisa ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Seperti persyaratan publikasi lainnya, di dalam buku harus termuat ide orisinil dari penulis. Baik berupa teori, metode, maupun hasil riset. Serta bebas dari plagiarisme dan pelanggaran hak kekayaan intelektual. Jadwal penting dalam hibah penerbitan buku ini antara lain pada: 8 Juli 2015 Batas waktu pemasukan proposal 31 Juli 2015 Batas waktu pemasukan naskah buku 28 Agustus 2015 Pengumuman Pemenang Hibah 23 September 2015 Pemasukan naskah yang sudah diperbaiki 1 Oktober 2015 Penandatanganan kontrak penerbitan 30 November 2015 Penerbitan buku selesai dilaksanakan Tim penilai yang berasal dari Direktorat Pendidikan ITB memiliki beberapa unsur yang dinilai. Antara lain adalah kontribusioriginal penulis, kesiapan naskah untuk diterbitkan, kesesuaian sebagai buku teks melalui pilihan bahasa, pendekatan, dan ketersediaan bagian latihan soal maupun tugas. Kesesuaian naskah dengan kurikulum ITB 2013 juga menjadi unsur yang dinilai serta sistematika, kesesuaian isi dengan judul, dan perujukan dan pengindeksan. Ilustrasi: www.artlebedev.ru

scan for download