Dari Riset Menjadi Solusi, ITB Tetap Bersaing di Ranking Universitas Dunia

Oleh Bayu Rian Ardiyansyah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menorehkan hasil yang membanggakan dalam peringkat universitas dunia terbaru yang dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking. Berdasarkan peringkat tahun 2015, ITB menempati peringkat 51-100 di bidang Seni dan Desain. Peringkat ini menjadikan ITB masuk dalam jajaran delapan kampus terbaik se-Asia dan terbaik diantara negara-negara Islam dalam bidang Seni dan Desain. Dalam peringkat dunia, ITB juga mendapat peringkat 301-400 di bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, peringkat 251-300 di bidang Teknik Listrik dan Elektronika, dan peringkat 201-400 di bidang Mekanika, Aeronautika, dan Manufaktur. Dalam kesemua bidang tersebut, ITB tetap berada pada urutan pertama di Indonesia.

Sementara itu berdasarkan peringkat fakultas tahun 2014/2015, ITB berada pada urutan ke-258 di bidang Teknik dan Teknologi dan menjadi sepuluh universitas terbaik diantara negara-negara Islam. Di bidang Ilmu Sosial dan Manajemen ITB berada pada urutan ke-364. Dalam peringkat Asia, ITB menempati peringkat ke-35 di bidang Teknik dan Teknologi, peringkat ke-44 di bidang Ilmu Pengetahuan Hayati dan Pengobatan, dan peringkat ke-50 di bidang Ilmu Pengetahuan Alam serta Ilmu Pengetahuan Sosial dan Manajemen.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras civitas akademika ITB yang secara konsisten terus menghasilkan penelitian-penelitian terkini. Melalui pusat-pusat penelitiannya, ITB telah melakukan berbagai penelitian inovatif, mulai dari di bidang Energi Terbarukan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Perencanaan Kota dan Infrastruktur, Industri Kreatif/Produk Kebudayaan dan Lingkungan, hingga bidang Nanosains dan Teknologi Nano. Hingga saat ini, sekitar 4300 publikasi penelitian yang dihasilkan ITB telah terdaftar di Scopus. Angka ini merupakan yang tertinggi diantara universitas dan lembaga penelitian di Indonesia. Selain itu, banyak juga penelitian ITB yang telah terpublikasikan melalui Web of Science.

Tidak hanya berhenti di publikasi penelitian, ITB juga telah melangkah ke tahap selanjutnya dengan mengubah hasil penelitiannya menjadi solusi inovatif yang berguna bagi masyarakat. Langkah tersebut merupakan hasil dari kolaborasi dengan dunia industri dan komersialisasi teknologi. Hasilnya, berbagai ide dan inovasi telah terlahir di ITB dan berhasil diaplikasikan atau dikomersialisasikan untuk membawa perubahan di Indonesia. Diantaranya adalah inovasi dalam teknologi peningkatan kualitas batu bara, katalis reaktor kimia, enhanced oil recovery, WiMax, smartphone, pembangkit listrik tenaga arus laut, teknologi membrane untuk penjernihan air, pengelolaan air, biomassa dan bioenergy, pesawat tanpa awak, kendaraan operasi jarak jauh, dan lain sebagainya. Semua pencapaian ini merupakan upaya ITB dalam bertransformasi menjadi Entrepreneurial University.


scan for download