LEGO ERGO SCIO ITB: Tumbuhkan Minat Baca Melalui Konten Bacaan Bermutu

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Rendahnya minat baca, terutama pada generasi muda, menjadi persoalan yang patut dikhawatirkan dewasa ini. Hal ini dikarenakan generasi muda merupakan calon pemangku kebijakan di masa depan. Mereka yang akan memegang berbagai jabatan strategis dan mempengaruhi hidup orang banyak. Bacaan populer saat ini yang menggunakan bahasa ringan dianggap kurang memberikan wawasan  bermutu. Karena itulah salah satu media terkemuka Indonesia, Kompas mengadakan roadshow Lego Ergo Scio "Saya Baca Maka Saya Tahu". Roadshow yang dilaksanakan pada Senin (27/04/2015) di Gedung Aula Barat ITB merupakan yang pertama dari delapan universitas terpilih.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi generasi muda dalam menghasilkan karya berupa tulisan yang berkualitas. Kedepannya karya tulis yang berkualitas ini akan menjadi cikal bakal regenerasi penulis pada masa yang akan datang. Lego Ergo Scio juga bermaksud memberikan akses bagi generasi muda untuk mendapatkan berbagai acara bermutu dan bermanfaat.

 

Tidak hanya Fun Library, salah satu acara menarik lainnya adalah talkshow yang menghadirkan fotografer senior Harian Kompas, Lucky Pransiska dan traveler terkemuka, Ramon Tungka "100 Hari Keliling Indonesia" serta tim infografis Kompas. Kemudian ada bazaar, campus performance, serta live acoustic band. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya Kompas dalam mengedukasi generasi muda, termasuk mahasiswa ITB, sekaligus meningkatkan budaya membaca serta mengenalkan konten bacaan bermutu baik itu buku, surat kabar, maupun bacaan lainnya.

"Setiap seminggu sekali hendaknya investasikan waktu untuk baca buku. Cari buku yang sesuai dengan passion. Jangan tutup kemungkinan pula untuk baca buku di bidang lain yang kamu suka," ungkap Raymon Tungka menutup sesi talkshownya.

oleh :

Fikri Rozi

ITB Journalist Apprentice 2015

 

 


scan for download