Program Mahasiswa Wirausaha 2015: Siapkan Sarjana Mandiri

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) kembali diselenggarakan. Program tahun ini merupakan program yang ke tujuh di ITB. Sosialisasi diadakan pada Jumat (17/04/2015) di GKU Timur oleh ITB Career Center. Sosialisasi disampaikan oleh Okto Priatna mengenai program dari Direktoran Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini serta ketentuan dan syarat bagi mahasiswa ITB yang ingin mengikuti.

PMW ITB diselenggarakan oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB untuk menjaring mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha dan memerlukan dana untuk memuluai wirausahanya. Program ini merupakan salah satu bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi. Tujuannya antara lain adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi, serta meniptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.  Program ini juga dijalankan untuk meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar lulusan ITB lebih menjadi pencipta dan bukan pencari lapangan kerja.


Fasilitas yang diberikan oleh PMW meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisns, dukungan pemodalan dan pendampingan serta keberlanjutan usaha.Terdapat beberapa tahap dalam PMW 2015 kali ini, antar lain sosialisasi, identifikasi, seleksi, pembekalan, penyusunan rencana bisnis, magang, hingga perolehan dukungan modal untuk pendirian usaha baru serta pembimbingan dari UKM.

Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 ITB yang telah menyelesaikan dua semester perkuliahan serta masih berstatus mahasiswa hingga Desember 2016. Setiap usulan dana maksimal sebesar Rp 8.000.000. Setiap mahasiswa berhak mengikuti satu program usaha dan belum pernah menerima dana dari PMW pada tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan dari program ini, dapat terbentuk wirausaha baru yang berpendidikan tinggi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jadwal-jadwal penting berkaitan dengan PMW 2015

04 Mei 2015        Batas Akhir Pemasukan Proposal
23 Mei 2015        Seleksi Rencana Usaha
01 Juni 2015       Penandatanganan Kontrak
Juli 2015            Kuliah Kewirausahaan, Monitoring dan Pendampingan
Agustus              Workshop dan Pelatihan
-November 2015
1-5 Desember 2015    Evaluasi dan Laporan Akhir


Panduan PMW dapat diunduh di tautan berikut

https://karir.itb.ac.id/assets/services/pdf/PANDUAN_PROGRAM_MAHASISWA_WIRAUSAHA_2015.pdf


scan for download