Olimpiade Al-Quran 2015: ITB Siap Menuju MTQMN

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais), Majelis Ta'lim (Mata'), dan Unit Pengembangan Tilawatil Qur'an (UPTQ) bekerja sama dalam menyelenggarakan perhelatan Olimpiade Al-Qur'an ITB 2015. Acara yang terselenggara selama tiga hari (20-22/02/15) ini terbuka untuk seluruh mahasiswa Muslim di ITB. Rangkaian perlombaan dibuka pada Jumat (20/01/15) di Ruang Utama Masjid Salman ITB. Perlombaan kemudian terselenggara di hari kedua berlokasi di beberapa spot Kampus ITB Ganesha. Tempat-tempat terbuka dipilih untuk panitia agar publik, terutama mahasiswa ITB, dapat menyaksikan rangkaian acara secara dekat.

Ada beberapa mata lomba yang diadakan oleh panitia, yaitu Tilawah, Tartil, Tahfidz, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, Puitisasi, Pidato, Fahmil Al-Qur'an, dan Kaligrafi. Untuk tilawah, tartil, dan tahfidz dibagi atas dua kategori yaitu ikhwan (laki-laki) dan akhwat (perempuan). Perlombaan ini pun diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi. Pengumuman pemenang kemudian disampaikan pada penutupan yang berlangsung pada Minggu (22/02/15) di Gedung Serba Guna Masjid Salman ITB pada pukul 11.00 WIB.

Olimpiade Al-Qur'an 2015 diselenggarakan memiliki tujuan untuk mengajak mahasiswa senantiasa dekat dengan Al-Qur'an. Acara yang terlaksana berkat dukungan dari YPM Salman ITB dan Rumah Amal Salman ITB ini diadakan sekaligus sebagai persiapan ITB menuju MTQ Mahasiswa Nasional. Para pemenang yang terpilih akan dipersiapkan agar lebih matang lagi untuk bersaing bersama pejuang Al-Qur'an lainnya di tingkat nasional.

Di sisi lain, acara ini tentu memiliki makna yang lebih istimewa. Menurut Dr. Suyatman selaku pembina Gamais ITB, acara ini adalah ajang yang tepat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. "Olimpiade Al-Qur'an menjadi kesempatan bagi kita bersilaturahim dan bersemangat untuk fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan-red). Selain itu, kita di sini juga menegakkan kalimat Allah," kata Dr. Suyatman dalam pidatonya menutup rangkaian acara Olimpiade Al-Qur'an.

"Terima kasih kepada panitia yang telah bekerja sama dan peserta yang telah antusias mengikuti. Semoga semua dikerjakan dengan ikhlas. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal saleh," tambahnya.


scan for download