Tiga Profesor Hong Kong University Kunjungi ITB dan Berikan Kuliah Umum

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB didatangi tamu istimewa dari Hong Kong University (HKU) pada Rabu (15/10/14), yaitu Prof. Ben Young, Prof. Herbert Fang, and Prof. Yuguo Li. Pada kesempatan tersebut, mereka menyampaikan kuliah umum di Auditorium Ipteks Campus Center Timur ITB pada pukul 14.00 WIB. Kuliah umum yang merupakan bentuk kerja sama ITB dan HKU ini dihadiri oleh mahasiswa ITB terutama yang mengikuti kelas Bioproses, Bioteknologi Lingkungan, dan Pengantar Teknik Lingkungan. Selain itu, masyarakat umum yang berprofesi sebagai ahlli lingkungan dan yang sedang menyusun skripsi/tesis/disertasi serta para pencari beasiswa juga diundang untuk mengikuti kuliah umum tersebut. Prof. Ben Young memperkenalkan Hong Kong University sebagai pembuka kuliah umum siang itu kepada para hadirin.

Prof. Herbert Fang menyampaikan kuliah pertama berjudul "Environmental Anaerobic Technology for Pollution Control and Bio-energy Recovery". Prof. Fang membahas tentang proses pengolahan limbah cair, yaitu secara fisika, kimia, dan biologi. Fokus dari kuliah yang disampaikan adalah proses pengolahan secara biologi yang memanfaatkan bakeri untuk mendegradasi polutan. Pertama, ada proses aerobik. Proses aerobik adalah proses dimana pengulahan air limbah membutuhkan oksigen untuk metabolism mikroorganisme. Kedua, ada pula proses anaerobik yang sama sekali tidak membutuhkan oksigen. Proses ini pada dasarnya adalah proses fermentasi. Proses anaerobik, menurut Prof. Herbert Fang memberikan banyak keuntungan dibandingkan proses pengolahan limbah lainnya. Salah satunya adalah karena proses ini dapat meminimalisir sludge atau lumpur sisa. 90% dari limbah industri dapat diolah dengan efektif menggunakan proses ini.

Hong Kong University memang sedang giat mengadakan penelitian tentang proses anaerobik untuk mengolah limbah. Kini, Prof. Fang sedang meneliti mikroorganisme yang paling efektif untuk digunakan dalam proses ini. Metode penelitian yang mereka jalankan adalah High-Throughput Screening. DNA adalah objek penelitian ini guna menganalisis mikroorganisme yang paling sesuai dengan kebutuhan pengolahan limbah tertentu. Teknologi pengolahan secara anaerobik pun telah berkembang pesat. Kini telah ada UASB reactor, EGSB and FB reactors, dan internal circulation reactor.

Kuliah kedua disampaikan oleh Prof. Yuguo Li menyampaikan kuliah dengan judul "Building Environmental and Influenza". Ilmu yang digeluti oleh Prof. Li adalah pembangunan infrastruktur dan kaitannya dengan kesehatan manusia. Penyakit spesifik yang dibahas oleh Prof. Li adalah influenza. Sebagaimana yang diketahui oeh publik bahwa influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan telah menjadi epidemik dari masa ke masa. Teknologi masa kini pun terus dikembangkan untuk mengatasi masalah kesehatan lingkungan ini.


scan for download