Paduan Suara Mahasiswa ITB Sabet Lima Penghargaan pada Kompetisi Bratislava Cantat I

Oleh Hafshah Najma Ashrawi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB kali ini membawa kabar membanggakan dari Bratislava, Slovakia. PSM berhasil mendapatkan lima penghargaan di berbagai kategori. Penghargaan tersebut antara lain medali emas dalam kategori Mixed Choir, Female Choir, dan Folklore Choir; kemudian PSM ITB juga meraih penghargaan 'Special Prize Interesting Choreography of the Folk Program' dan Grand Prix Award. Penghargaan terakhir merupakan penghargaan paling tinggi yang dapat dicapai pada Kompetisi Bratislava Cantat I ini yang diselenggarakan pada Kamis sampai dengan Minggu (21-24/08/14) di Bratislava, Slovakia.

Kompetisi yang digelar selama 4 hari ini turut mengundang paduan suara dari berbagai negara lain. Salah satunya adalah 'Amigas em Voz' dari Brazil dengan Elena Moukhorkina Moreno sebagai konduktor. Kompetisi Bratislava Cantat ini juga mengundang juri-juri kenamaan seperti Doc. Elena Sarayova-Kovacova, Doc. Milan Kolena, ArtD, Doc. Mgr. Art. Ondrej Saray. Elena sebagai ketua juri juga sekaligus merupakan konduktor wanita profesional pertama di Slovakia. Elena mempelajari piano, komposisi, dan kondukting di Bratislava Music Conservatory dan University of Performing Arts Bratislava. Elena juga yang memimpin Bratislava Children's Choir sejak 1967 dan konduktor serta art director dari Slovak Teacher Female Choir OZVENA.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti kompetisi bergengsi ini, PSM ITB menggelar berbagai latihan dan persiapan. Salah satunya adalah pagelaran pre kompetisi yang digelar di Bandung dan Jakarta. Rangkaian acara ini termasuk kompetisi Bratislava Cantat merupakan rangkaian ITB Cultural Tour (ICT), program PSM ITB yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali. Pada Senin sampai dengan Rabu (25-27/08/14) PSM ITB juga akan mengadakan tour budaya sekaligus mengenalkan budaya Indonesia di Paris, Prancis. Tema dari ICT PSM ITB kali ini adalah "Per Aspera ad Astra" yang berarti "Through difficulties to the stars" 

Profil Paduan Suara Mahasiswa ITB

PSM ITB pertama kali dibentuk pada 11 Februari 1962, yang sekaligus merupakan paduan suara berbasis universitas pertama di Indonesia. Pada awalnya, PSM ITB hanya mengadakan penampilan paduan suara dalam skala kampus dan jarang menampilkan penampilan paduan suara publik. Sejak 1973, PSM ITB berpartisipasi dalam berbagai kompetisi paduan suara internasional dan meraih penghargaan utama. Hal ini yang menjadikan PSM ITB sebagai salah satu paduan suara terbaik di Indonesia.

PSM ITB kemudian pada tahun 2009 menggelar tour kebudayaan ke lima negara di Eropa yaitu Republik Ceko, Austria, Italia, Spanyol, dan Prancis. Penampilan paduan suara tersebut berhasil meraih penghargaan utama di kategori Musica Contemporanea, runner-up untuk kategori Folklore dan menempati posisi keempat dalam Polyphony Monographic Category of 48th International Choral Competition "C.A. Seghizzi", Gorizia, Italy. Sambutan hangat audiens juga PSM dapatkan dari kesembilan belas kota di Eropa tempat PSM ITB menggelar penampilan paduan suara mereka.

Pada September 2011, PSM ITB berpartisipasi dalam 59th 'Guido d'Arezzo' International Polyphonic Competition di Arezzo, Italia dan menyabet penghargaan 1st audience pada kategori "International Festival of Choral Folk Music". Selanjutnya diharpakna PSM ITB mampu mempertahankan dan terus mengharumkan nama ITB dalam berbagai kancah paduan suara nasional maupun internasional. "Terimakasih banyak atas segala dukungan yang diberikan," ucap Adi Nugroho, konduktor paduan suara PSM ITB dalam salah satu akun sosialnya.

tautan terkait :

PSM ITB Cultural Tour 2014

PSM ITB pada Kompetisi Bratislava Cantat I


scan for download