G-FEST: Sambut Mahasiswa Baru dengan Nuansa Islami

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kehadiran mahasiswa baru angkatan 2014 telah menambah warna kemahasiswaan di kampus ITB. Keluarga Mahasiswa Islam (Gamais) ITB pun ingin turut serta menyambut mahasiswa baru dengan nuansa Islami. G-FEST (Gamais Festival) menjadi acara special yang diselenggarakan oleh pengurus PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru) Gamais tahun ini. Dengan tema "Kobarkan semangat Islam dalam berkemahasiswaan di kampus ITB", Gamais ingin menyambut keluarga barunya dengan kegiatan-kegiatan seru dan penuh semangat. G-FEST diadakan di lapangan basket Kampus ITB Ganesha pada Sabtu (16/08/14). Festival tersebut digelar dari pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB.

Dari sekian banyak rangkaian kegiatan PMB Gamais, G-FEST dirancang untuk memberikan ilmu, pengalaman, dan informasi intrakampus kepada mahasiswa baru agar mereka siap untuk memulai perkuliahan dan menjalani kehidupan berkamahasiswaaan di kampus ITB. Informasi-informasi tersebut dapat didapatkan di berbagai stand yang telah disiapkan oleh panitia. Ada stand Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang siap memberikan informasi aktivitas mahasiswa muslim di masing-masing fakultas. Selain itu ada pula stand GAMAIS Center, beasiswa, exchange, dan unit-unit Salman lainnya seperti Karisma, Majelis Ta'lim, UPTQ, PAS, serta Aksara. Ada pula Islamic Corner yang menjadi sumber informasi-informasi menarik seputar Islam. Tak lupa, special untuk muslimah, ada Annisa Fair yang mengajak mereka untuk tampil cantik dengan jilbab yang syar'i.

Tidak hanya stand-stand yang memuat informasi, panitia juga menyiapkan acara hiburan dan inspiratif. Di panggung utama, ada penampilan menarik seperti nasyid oleh Karisma dan ada pula penampilan dari PAS ITB dan UPTQ. Panggung utama juga dihadiri oleh tokoh-tokoh kampus dalam Inspiring Dialogue. Tokoh kampus tersebut adalah Ahmad Yasin (Kepala Gamais, Fisika 2011), Mohamad Jeffry Giranza (Ketua Kabinet KM-ITB, Teknik Geologi 2010), dan Fauzan Reza Maulana (Juara II Mawapres Nasional, Teknik Sipil 2011). Di sisi timur lapangan basket, panitia menyiapkan Play Arena yang salah satu permainannya adalah lomba balap karung. Yang paling seru dan dinantikan oleh mahasiswa baru adalah games Ranking 1 yang diadaptasi dari gameshow yang pernah ditayangkan di salah satu TV swasta nasional.

"Gamais ITB ingin selalu menjadi terdepan, melayani, terutama menyampaikan nilai-nilai Islam kepada mereka di awal sehingga frame mereka ketika masuk ITB bahwa Gamais adalah keluarga mereka. Saya sangat mengapresiasi PMB Gamais, ini adalah agenda penyambutan yang meriah dan syiar keislamannya pun kerasa," ungkap Ahmad Yasin selalu Kepala Gamais saat ditemui di sela-sela rangkaian acara G-FEST.

G-FEST membawa nuansa yang berbeda dalam suasana penyambutan mahasiswa baru di ITB tahun ini. Konsep ini sejatinya memang ide baru oleh Gamais sendiri. "Kita ingin menyajikan sesuatu yang baru. Dulu ada information center, namun tahun ini kami ingin mengadakan acara yang serame ini dan ingin menunjukkan bahwa Gamais itu tidak kaku loh," ujar Winda Diana Sari (Teknik Sipil 2012) selaku Koordinator Akhwat PMB Gamais.


scan for download