ITB Raih Penghargaan Sebagai Salah Satu Kampus Terpintar TIK

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kekuatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbaik. Penghargaan ini bertajuk Telkom Smart Campus Award (TeSCA) - The ICT's Smartest Campus 2014 yang diserahkan pada Selasa (17/06/14). Penghargaan yang diberikan setiap tahunnya ini merupakan hasil kerjasama PT Telkom Indonesia dengan Asosiasi Perguruan Tingggi Ilmu Komputer (Aptikom) serta didukung oleh Ditjen Dikti Kemendikbud dan Dewan Teknologi Komunikasi Nasional (Detiknas).

Pada tahun ini, ITB berhasil menempati posisi keempat perguruan tinggi negeri terbaik versi TeSCA 2014 dengan poin 5177. Adapun perguruan tinggi negeri yang berhasil meraih poin paling tinggi adalah Universitas Indonesia, dengan perolehan poin 5696, diikuti oleh Universitas Airlangga dengan perolehan 5462, dan Universitas Diponegoro dengan perolehan poin 5377. Faktor yang dinilai dari penghargaan ini antara lain adalah infrastruktur, aplikasi, sumberdaya manusia, serta komponen kebijakan dalam pemanfaatan TIK. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ITB yang hanya meraih perolehan poin 4500 pada tahun 2013 dapat dikatakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya pada bidang TIK.


Faktor-faktor lain yang menjadi penilaian adalah tingkat konektivitas TIK yang digunakan, kelengkapan materi TIK, standar aplikasi yang digunakan, kualitas literasi dosen dan visual yang menggunakan TIK, kebijakan yang mendukung TIK di kampus, manfaat TIK yang ada untuk masyarakat, partisipasi kampus dalam pendidikan nasional, ketersediaan sharing resource, fasilitas komputer yang memadai untuk penerapan TIK, penggunaan media IT yang ramah lingkungan, serta nilai penggunaan TIK bagi masyarakat di sekitar kampus.


TeSCA 2014 diberikan sebagai pendorong bagi perguruan tinggi di Indonesia, negeri maupun swasta, untuk melakukan peningkatan kualitas melalui pemanfaatan TIK dalam praktik belajar mengajar di kampus. Selain itu, pemberian penghargaan ini juga dilakukan agar TIK dapat dimanfaatkan sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi serta mengembangkan standar kualitas hingga mencapai kelas perguruan tinggi tingkat dunia.

Terdapat 406 perguruan tinggi dari Jawa, 107 kampus dari Sumatera, 26 kampus dari Sulawesi, 14 kampus dari Kalimantan, 9 kampus dari Bali & Nusa Tenggara serta 6 kampus dari Papua & Kepulauan Maluku yang menjadi peserta dalam meraih penghargaan ini. Penghargaan ini dilangsungkan di Hotel J.S Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (17/06/14) yang turut memberikan penghargaan lainnya kepada sekolah tinggi, politeknik, maupun akademi.

 

 

 

Sumber: Dari berbagai sumber


scan for download