Luluskan 1295 Wisudawan, ITB Gelar Sidang Terbuka Wisuda

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pada Sabtu (12/04/14), bertempat di di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, sejumlah 1295 mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di ITB mengikuti Sidang Terbuka ITB untuk Wisuda Kedua Tahun Akademik 2013/2014. Wisudawan terdiri dari 568 mahasiswa program sarjana (S1), 675 mahasiswa program magister (S2), dan 52 mahasiswa program doktor (S3). Dari jumlah tersebut, 154 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cum laude.

Prosesi sidang terbuka ini dihadiri pula oleh rektor ITB, dekan, dosen, orangtua mahasiswa serta advisory board ITB, termasuk pula institusi-institusi yang bekerjasama dengan ITB. Sidang terbuka dimulai dengan menyanyikan dengan khidmat lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan janji wisudawan serta diikuti oleh pelantikan Doktor/Magister/Sarjana dan dinyanyikannya lagu Bagimu Negeri. Setelah itu dilanjutkan dengan pidato rektor dan kata perpisahan dari perwakilan wisudawan. Terakhir, sidang terbuka ini ditutup dengan pembacaan do'a.

Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka menyampaikan sambutannya mengenai "Kompetensi Sosial Seorang Sarjana". Akhmaloka menenkankan bahwa mahasiswa yang telah lulus merupakan salah satu bentuk pertanggung jawaban ITB kepada Bangsa dan Negara Indonesia. Para lulusan ITB harus mempunyai kompetensi sosial, yakni soft skill. "Kompetensi sosial ini dapat diuraikan ke dalam dua hal, yakni kemampuan untuk memahami realitas sosial dan kemampuan untuk menyikapi realitas sosial tersebut," ujar Akhmaloka.

"Setiap orang memilki gagasannya masing-masing, penting bagi kita untuk menghargai cara pandang setiap orang. Bagaimana cara kita untuk mengajak dan memotivasi orang melakukan perubahan merupakan kompetensi sosial yang sangat dibutuhkan" jelas Akhmaloka.

Diakhir sambutan, Akhmaloka membacakan pengharagaan yang diraih oleh seluruh civitas akademika ITB pada periode Oktober 2013 sampai dengan April 2014. Penghargaan-penghargaan tersebut diperoleh baik dalam skala nasional maupun skala internasional. Salah satu pernghargaan bergengsi yang berhasil diraih mahasiswa ITB adalah juara umum pada kompetisi internasional Oil and Gas Intellectual Parade (OGIP) 2014. Prestasi yang disampaikan pada sidang terbuka ini, bukan hanya prestasi akademik, melainkan juga prestasi non-akademik yang turut disampaikan seperti beberapa prestasi yang telah diraih oleh Unit Kegiatan Mahasiswa ITB.

Selanjutnya, Nyoman Anjani (Teknik Mesin 2009) selaku Ketua Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB 2013/2014 dan perwakilan wisudawan menyampaikan kata perpisahan. Nyoman menyampaikan rasa terimakasihnya dan penghargaan kepada seluruh civitas akademika ITB. Nyoman juga berpesan agar kita terus berjuang dalam menuntut ilmu dan terus menggapai mimpi yang kita miliki. "Percayalah bahwa seluruh energi alam semesta akan mendukung kita untuk mencapai itu semua," tutupnya.


scan for download