Pertama Kalinya, Mahasiswa Tingkat Pertama Unjuk Diri di Perayaan Wisuda

Oleh Mega Liani Putri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - April selalu menjadi bulan yang yang dinanti-nantikan oleh massa kampus ITB. Pada bulan April, ITB mengadakan wisuda kedua untuk setiap tahun akademik. Rangkaian acara wisuda kedua di tahun ini berlangsung pada Jumat-Sabtu (11-12/04/14). Tidak hanya bagi para wisudawan, acara wisuda menjadi momen yang istimewa bagi seluruh massa kampus. Sebelumnya hanya massa himpunan yang ambil andil untuk meramaikan hari wisuda. Untuk wisuda kali ini, mahasiswa angkatan 2013 atau mahasiswa yang menjalani Tahap Persiapan Bersama (TPB) juga turut serta memeriahkan seremoni di kampus ITB Ganesha pada Sabtu (12/04/14). Mahasiswa TPB mendapatkan kesempatan untuk menampilkan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Tema "All Around the World" yang diangkat pada wisuda April 2014 tidak membuat massa kampus lupa untuk tetap menunjukkan kekayaan budaya yang dikandung Ibu Pertiwi.

Mahasiswa TPB tampil per fakultas menampilkan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.  Ada sembilan fakultas yang tampil di panggung yang disediakan panitia di depan gerbang utama kampus ITB Ganesha. Fakultas Teknik Petambangan dan Perminyakan (FTTM) 2013 tampil perdana pukul 10.30 membawakan kebudayaan Papua. Sekolah Farmasi (SF) 2013 selanjutnya tampil membawakan tarian tradisional Sunda. Tampil di urutan ketiga, Fakultas Teknologi Industri (FTI) 2013 membawakan kebudayaan wayang khas Jawa. Drama epik ditampilkan oleh beberapa mahasiswa diiringi oleh musik tradisional Jawa. Mahasiswi Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) 2013 tampil setelah FTI membawakan tari tradisional dari Sumatera Selatan. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) 2013 maju ke atas panggung membawakan pertunjukkan dengan tema "Sounds of The East". Mereka tampil menggabungkan unsur perkusi, tarian tradisional Toraja, drama teatrikal, dan tarian modern.

Selanjutnya, giliran mahasiswa Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian yang menunjukkan kebolehan mereka menari Kecak yang berasal dari Bali. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) 2013 tidak kalah memukau dengan perpaduan budaya dari Pulau Sumatera. Ada tarian dari Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, dan Aceh. Di urutan berikutnya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam (FMIPA) 2013 menampilkan drama khas Betawi dan ditutup dengan flash mob. Terakhir, Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) 2013 menutup penampilan TPB di panggung depan gerbang utama dengan drama dan tarian tradisional dari Nias. Beberapa mahasiswa juga dengan lihai menampilkan tradisi Lompat Batu khas dari suku yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara tersebut.


Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) 2013 mendapatkan kesempatan istimewa tampil di Plaza Widya Nusantara. Mereka tampil dengan sebuah konsep yang unik, yaitu "Sugaraptor". FSRD setiap kali wisuda rutin menampilkan pagelaran out-of-the-box di area Plaza Widya Nusantara. Penampilan mereka selalu dinanti-nanti oleh massa kampus. Untuk konsep  kali ini, mahasiswa FSRD 2013 tampil dengan warna-warna pastel dan berbagai properti yang menyuasanakan kampus layaknya candy land.
 


scan for download