Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

25 April 2014
Current weather
22.4 C
Humidity:96 %

TOKYO, itb.ac.id - Program Studi Master of Business Administration (MBA) ITB berhasil meraih akreditasi internasional ABEST21 (The Alliance of Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization). Wujud pengakuan internasional tersebut diserahkan langsung oleh Prof. Fumio Itoh (Aoyama Gakuin Foundation) dan Prof. Ilker Baybars (Carnegie Mellon University), pada Sabtu (09/03/13) di Kampus Aoyama Gakuin University, Jepang.

Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh tim peer review, MBA ITB memperoleh akreditasi internasional dengan peringkat A (excellent) yang berlaku selama hingga tahun 2018. Prestasi tersebut merupakan prestasi yang sangat langka karena hanya beberapa sekolah bisnis anggota ABEST21 di dunia yang berhasil memperoleh predikat tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa MBA ITB telah memenuhi standar dan kriteria internasional yang sangat baik.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, ABEST21 juga memberikan penghargaan "Excellence in Practice in Interactive Knowledge Sharing System" kepada Program Studi MBA ITB. Apresiasi tersebut diberikan atas keunikan dalam integrasi performance management system serta strategi untuk mencapai visi dan misi MBA ITB dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB yang sejalan dengan visi dan misi ITB.

Tiga Tahapan

Dalam upaya mendapatkan akreditasi internasional ini, tim akreditasi SBM ITB harus berupaya keras selama proses akreditasi berlangsung. Proses yang harus dilalui terdiri dari tiga tahapan, dimana proses pertama adalah eligibility application atau pendaftaran pada tahun 2010 lalu. Selanjutnya pada 2011, proses berlanjut dengan melengkapi accreditation plan (AP) MBA ITB yang berlandaskan 18 standar dengan 72 kriteria.

Selanjutnya pada tahun 2012, tim akreditasi SBM ITB menyampaikan self evaluation report (SER). SER tersebut berisi penjelasan standar dan kriteria, serta melaporkan kondisi dan action plan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi MBA ITB.

Dorong Kerjasama Antaranggota

ABEST21 adalah lembaga akreditasi internasional yang berdiri tahun 2005 dan dibangun oleh akademisi terpandang di Asia Pasifik. Berkedudukan di Tokyo, Jepang, saat ini ABEST21 memiliki 54 anggota sekolah bisnis di seluruh dunia. Dengan misi untuk meningkatkan manajemen pendidikan dari sekolah bisnis, organisasi tersebut mendorong kerjasama antaranggota untuk menghadapi tantangan di abad ke-21.

Selama lima tahun ke depan, MBA ITB sebagai anggota ABEST21 dituntut untuk mengimplementasikan action plan secara konsisten serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Salah satunya dituangkan dalam kerjasama MBA ITB dengan Yamaguchi University of Technology dan Kyoto University dalam bentuk student bootcamp, faculty exchange, joint research, dan kerjasama dengan partner small medium enterprise di Jepang, serta rencana pemberian beasiswa bagi mahasiswa MBA ITB yang berprestasi.


Sumber: SBM ITB, dengan perubahan