MFest 2013: Pamerkan Potensi serta Karya Anak Negeri dalam Bidang Teknologi dan Energi

Oleh Medhira Handinidevi

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kelangkaan energi telah menjadi topik yang hangat di berbagai lapisan masyarakat terutama bagi mereka yang bergelut di bidang teknologi. Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) ITB  menyoroti hal ini dengan mengangkat tema pembangunan berkelanjutan sebagai jawaban atas kelangkaan energi dalam ajang terbesar mereka, MFest. Bertajuk "Engineering for Sustainable Development" , MFest 2013 akan diadakan pada Jumat - Minggu (01-03/02/13) di kawasan kampus ITB.

Perhelatan berskala nasional ini telah mencuri perhatian berbagai institusi pendidikan baik di tingkat SMA maupun perguruan tinggi di seluruh nusantara. "Kami mengadakan roadshow ke 5 kota di Pulau Jawa dan memastikan penyebaran poster untuk berbagai universitas di seluruh Nusantara sejak bulan November," papar Darmawan (Teknik Mesin 2010) selaku Kepala Divisi Public Relation pada acara konferensi pers, Kamis (31/01/13). Ajang yang berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat melalui edukasi tentang teknologi dan energi ini memiliki serangkaian acara utama dan juga acara pendukung.

Acara utama terdiri dari National Innovation Contest (NIC) dan Mechanical Expo. NIC adalah sebuah lomba inovasi untuk mahasiswa dan juga pelajar SMA. Kontes ini diharapkan dapat memacu kreativitas tunas muda bangsa dalam berkarya untuk memanfaatkan teknologi demi pembangunan yang berkelanjutan. Sedangkan Mechanical Expo diadakan untuk memamerkan berbagai karya dan inovasi milik negeri kepada masyarakat umum serta pelajar/mahasiswa.

Acara pendukung MFest terdiri dari Engine Tune Up dan seminar berjudul "Future of Indonesian Power Plants and Electricity". Acara Engine Tune Up bekerjasama dengan Honda, Kawasaki, Yamaha dan Bajaj. Pada acara tersebut juga terdapat penjelasan tentang bagaimana berkendara dengan eco-driving. Selain itu, seminar akan diadakan pada Minggu, (03/02/13) dan menghadirkan tokoh-tokoh terkemuka antara lain Wakil Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Menteri Riset dan Teknologi, dan Kepala Divisi Perencanaan Pengadaan Strategis, Enjiniring dan Teknologi PLN.

MFest kali ini diharapkan dapat mengulang dan melebihi kesuksesan acara 2 tahun lalu. Kadek Putri selaku Kepala Divisi Media Partner menjelaskan bahwa acara MFest kali ini mengangkat tema yang berbeda dan memiliki fokus yang berbeda pula. "Tahun ini (MFest) memang lebih banyak edukasi ke masyarakat umum. Harapannya setelah menghadiri MFest, masyarakat tak hanya terhibur tapi juga mendapatkan suatu pesan bahwa Indonesia dan anak-anak Indonesia memiliki banyak potensi serta karya yang dapat dibanggakan," ungkapnya.

Sumber gambar: @Mfest2013


scan for download