Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

18 September 2014
Current weather
23.1 C
Humidity:75 %

BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai dukungan penuh pada program pemerintah tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 (SNMPTN 2013), Kementrian Koordinator Advokasi dan Kaderisasi dengan sub-bidang Kesejahteraan Mahasiswa dibawah  Keluarga Mahasiswa ITB (KM-ITB) menyelenggarakan sebuah rangkaian acara Aku Masuk ITB 2013 (AMI 2013) dengan periode Oktober 2012 - Maret 2013.

AMI 2013 merupakan acara tahun ke tahun yang diselenggarakan oleh KM-ITB, dan sekarang merupakan tahun ketiga. AMI 2013 sendiri bertujuan untuk memotivasi anak-anak Indonesia, khususnya tingkat SMA/SMK/MA  agar memiliki kesadaran dan keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Tak hanya itu AMI 2013 juga mensosialisasikan segala hal mengenai ITB, mulai dari ketentuan ITB pada pelaksanaan SNMPTN 2013, pengenalan fakultas dan sekolah, biaya pendidikan, sampai informasi beasiswa.  "Sampai saat ini ITB terkenal dengan kampus berbiaya mahal, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Oleh karena itu, kami ingin megubah paradigm yang ada selama ini melalui AMI 2013," tegas Reza Fachrizal (Teknik Tenaga Listrik 2010), Ketua Pelaksana AMI 2013.

Untuk mewujudkan hal tersebut, serangkaian acara berhasil dilaksanakan oleh AMI 2013 diantaranya Paguyuban Back to School, Roadshow, Surat Cinta Untuk Indonesia (SCUI), Lomba Mengarang Bebas. Sementara itu, rangkaian kegiatan AMI 2013 sendiri akan ditutup dengan acara puncak ITB Day.

Paguyuban Back to School, Roadshow, SCUI, Lomba Mengarang Bebas

Paguyuban Back to School merupakan acara paguyuban mahasiswa dari berbagai daerah yang berkuliah di ITB bekerja sama dengan AMI 2013 untuk mensosialisasikan ITB ke daerahnya masing-masing, sampai saat ini terdapat 60an paguyuban dengan daerah yang tersebar di seleuruh Indonesia. Sedangkan Roadshow merupakan sosialisasi kampus ITB yang dilakukan oleh panitia AMI 2013 sendiri.

SCUI merupakan buklet yang berisikan sekilas mengenai ITB, program studi yang ada di ITB, fasilitas dan kegiatan di ITB,  informasi besiswa, dan kisah motivasi mahasiswa berprestasi di ITB. Sampai saat ini SCUI telah tersebar sebanyak 5500-6000 eksemplar di seluruh Indonesia melalui Paguyuban Back to School dan Roadshow.

Panitia AMI 2013 juga mengadakan Lomba Mengarang Bebas yang menceritakan kehidupan sehari-hari peserta, alasan masuk ITB, cita-cita dan apa yang akan dilakukan peserta jika masuk ITB nanti. Pemenang akan diumumkan pada acara puncak ITB Day.

ITB Day

ITB Day merupakan acara puncak AMI 2013 yang akan diselenggarakan pada Minggu (03/03/13) bertempat di ITB. Dengan target 3000 siswa SMA dari seluruh Indonesia, tahun ini AMI 2013 akan melaksanakan seminar dan Education Fair. Dalam seminar nanti akan diadakan grand seminar dan diskusi panel, serta motivasi menarik dan cara belajar yang efektif untuk mempersiapakan tes SNMPTN 2013, sedangkan dalam Education Fair akan ada stand-stand dari seluruh himpunan mahasiswa jurusan di ITB dan stand-stand beasiswa. Sehingga segala informasi mengenai jurusan dan biaya pendidikan dapat terakases dengan mudah.

Dengan adanya AMI 2013 ini, diharapkan pintu-pintu mimpi anak-anak Indonesia dapat terbuka lebar untuk mengenyam pendidikan tinggi yang lebih baik. "ITB itu bukan tempat orang kaya dan jenius, tetapi ITB tempat  orang yang berani bermimpi dan berani mewujudkannya," tutup Reza.

Sumber: akumasukitb.com