Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

21 October 2014
Current weather
23.3 C
Humidity:75 %

BANDUNG, itb.ac.id - Sosialisasi penyelenggaraan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kembali diadakan di ITB. Bertempat di Aula Timur ITB, sosialisasi ini diselenggarakan pada Kamis (13/12/12) kemarin.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh lebih dari 300 kepala sekolah dari seluruh kepala SMA atau sederajat di Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut, dibahas juga mengenai kebijakan sistem penerimaan dari empat perguruan tinggi negeri, yaitu ITB, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan UIN Sunan Gunung Jati.

Tiga Metode


Terdapat tiga metode yang digunakan sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN. Ketiganya yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri. Berbeda dari tahun lalu, SNMPTN tidak lagi melalui ujian tulis. Pada tahun ini, sistem penilaian SNMPTN melalui nilai rapor dan prestasi siswa yang bersangkutan.

Sekolah yang berhak mengikut sertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Selain itu sekolah tersebut harus mengisikan data prestasi sekolah dan siswanya di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa yang boleh mengikuti SNMPTN adalah siswa lulusan tahun 2013 dan telah memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Pengisian PDSS dapat dilaksanakan antara tanggal 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013.

Periode diantara 1 Februari hingga 8 Maret 2013 merupakan proses pendaftaran untuk mengikuti SNMPTN. Proses seleksi sendiri akan berlangsung dari 9 Maret hingga 27 Mei 2013, dan pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada 28 Mei 2013.

Metode seleksi SBMPTN menggunakan tes tertulis dan tes keterampilan sebagai sistem penilaian. Teknis SBMPTN baru akan dirumuskan oleh tim panitia Ad Hoc SNMPTN pusat pada Januari 2013 dan baru akan disosialisasikan pada Februari 2013 mendatang. Sistem tes mandiri akan diberikan pada masing-masing PTN.

Pada tahun ini, PTN wajib menerima minimal 60% peserta didiknya melalui SNMPTN. Sedangkan sisanya disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing PTN, dapat melalui SBMPTN maupun ujian mandiri.

ITB Tidak Gunakan Jalur Mandiri


Pada tahun ini, ITB akan menerima mahasiswa barunya hanya melalui dua jalur. Komposisi penerimaan taun ini adalah 60% dari SNMPTN dan 40% melalui jalur SBMPTN.

Selain itu ITB juga akan membuka tiga program studi baru di SNMPTN 2013 ini, yaitu Program Studi Kewirausahaan di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM). Terdapat pula Program Studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan dan Program Studi Teknik Pengolahan Sumber Daya Air di Fakultas Teknil Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.
 

Sumber foto : Pikiran Rakyat