FTI Motivation Day 2012: Perkenalkan Program Studi Melalui Sharing Interaktif

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Teknologi Industri (FTI) kembali menggelar acara tahunannya, FTI Motivation Day pada Sabtu (08/12/12). Acara yang merupakan pengenalan masingmasing program studi ini dihelat di Aula Timur ITB dan bekerja sama dengan ketiga himpunan mahasiswa dari program studi yang dinaungi FTI yaitu Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT), Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (MTI), dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK).

Menurut Rizky Harry Sungguh (Fisika Teknik 2011), Ketua FTI Motivation Day 2012, acara ini digelar untuk memberikan motivasi belajar dalam meraih cita-cita melalui program studi yang akan dipilih. "Selain itu, melalui acara ini kami juga ingin lebih memperkenalkan masing-masing program studi yang ada di FTI secara mendetail pada mahasiswa tahap persiapan bersama (TPB)," tutur Sungguh.

Bertemakan "Improving Your Personal Leadership", FTI Motivation Day 2012 ini diawali dengan penampilan kreatif dari masing-masing kelas dan resmi. Setelahnya, acara resmi dibuka oleh Dekan FTI, Ir. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D. dan ceramah mengenai etika oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FTI, Prof. Dr. Bermawi P. Iskandar. Beberapa alumni dari masing-masing program studi pun ikut hadir untuk berbagi pengalaman selama menjalani perkuliahan di program studi tersebut dan pekerjaan yang akan dihadapi, serta berdiskusi dengan para peserta.

Hadir pula sebagai pembicara Direktur Human Resources dari PT. General Electric Indonesia, Raechanah Syafei, bersama Direktur Global Business Service, Procter & Gamble Home Products Indonesia, Christian Soetanto. Dalam sesi ceramahnya, Raechanah dan Christian menyampaikan peran penting softskill dalam dunia kerja. Menurut Rachanah dan Christian, softskill yang merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan dirinya sendiri dan orang lain merupakan kompetensi yang sangat dibutuhkan pada lapangan kerja. Dibutuhkan adanya komposisi yang seimbang antara hardskill dan softskill. "Kebutuhan dunia kerja yang berorientasi produktivitas tinggi akan terpenuhi bila lulusan perguruan tinggi memiliki kompetensi berbasis softskill," jelas Christian.

Selain ceramah, diadakan pula olah raga dan permainan-permainan yang bertujuan meningkatkan kekompakan mahasiswa TPB FTI angkatan 2012. "Mudah-mudahan dengan diadakannya FTI Motivation Day 2012 ini, mahasiswa TPB FTI dapat mengetahui dengan detail seluk beluk kompetensi dan pekerjaan yang akan mereka temui dari masing-masing program studi," tutup Sungguh.


scan for download