Peduli Lingkungan, ITB 2012 Tanam 3400 Pohon di Gunung Geulis

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pagi hari Sabtu, 01/12/12 terlihat pemandangan yang tidak biasa di gerbang depan ITB. Muda-mudi dengan bersemangat bergegas mempersiapkan sebuah rencana besar. Belakang diketahui bahwa mereka merupakan mahasiswa ITB angkatan 2012 yang sedang mempersiapkan keberangkatan menuju Gunung Geulis. 200-an mahasiswa tersebut bukan hendak melakukan wisata biasa tetapi hendak melanjutkan rangkaian bakti sosial 1st Movement ITB 2012 yang kali ini bertema lingkungan.

Tidak main-main target mereka menanam 3400 pohon di bukit gundul yang terletak di daerah Jatinangor tersebut. Membawa tema "Integrasi panca kehidupan untuk Indonesia" pada bidang lingkungan, mereka lakukan atas prakarsa Keluarga Mahasiswa ITB bekerjasama dengan Perum Perhutani. Ketika ditanya alasan mengadakan kegiatan ini Ketua Pelaksana, Angga Fauzan (Fakultas Seni Rupa dan Desain 2012), menjawabnya dengan sederhana bahwa masih banyak area gundul yang perlu ditanami dan ini menjadi salah satu bentuk aksi kepedulian dan ajakan mahasiswa ITB untuk mencintai lingkungan.

Bersama perwakilan Perum Perhutani, Kepala Lembaga Kemahasiswaan ITB, dan para pejabat daerah setempat, mereka menanami daerah yang akan diberi nama Hutan ITB 2012 itu. Dengan bersemangat, didampingi Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa KM-ITB mereka berangkat bersama dari kampus ITB pukul delapan pagi dan sesampainya di lokasi mereka dibagi menjadi beberapa kelompok.

Bersama Masyarakat Pelihara Hutan

Selanjutnya, polisi hutan yang sudah bersiap segera mengarahkan kelompok-kelompok tersebut menuju lokasi penanaman. Rute yang dilalui untuk menuju lokasi terbilang cukup terjal. "Banyak yang terpeleset saat menuju lokasi, tapi ini jadi ajang seru-seruan bagi peserta," ungkap Citra Dovina (Sekolah Farmasi 2012). Terlihat panitia merencanakan aksi ini dengan cukup baik, berbagai pendukung seperti medis, logistik, dan perlengkapan lainnya tersedia dengan lengkap.

Usai melakukan penanaman, pukul tiga belas para peserta beristirahat, solat, dan makan siang bersama. Foto bersama mengakhiri kegiatan mereka sekaligus menutup rangkaian kegiatan 1st Movement ITB 2012 itu. Di hutan yang terletak di dekat kawasan kampus ITB Jatinangor itu rencananya akan terus dipantau dan dipelihara oleh KM-ITB bersama dengan masyarakat sekitar agar terawat dengan baik.


scan for download