Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

17 April 2014
Current weather
29.6 C
Humidity:56 %

BANDUNG, itb.ac.id- Merencanakan kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) mungkin menjadi pertimbangan yang besar untuk sebagian keluarga calon mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan biaya kuliah yang dianggap terlalu besar sehingga banyak calon mahasiswa yang enggan memilih ITB sebagai tempat berkuliah atau bahkan tidak ingin melanjutkan kuliah. Padahal permasalahan ekonomi ini seharusnya tidak menjadi kendala karena setiap masyarakat berhak untuk mendapatkan pengajaran pendidikan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Pasal 53A menegaskan bahwa satuan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah wajib menyediakan beasiswa bagi peserta didik berkewarganegaraan Indonesia yang berprestasi dan wajib mengalokasikan tempat bagi calon peserta didik berkewarganegaraan Indonesia yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi, paling sedikit dua puluh persen dari jumlah keseluruhan peserta didik baru.
 
Oleh karena itu, biaya kuliah yang mahal di ITB bukan berarti tidak akan ada beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa yang kurang mampu atau berprestasi. Sebaliknya jumlah penerima beasiswa akan semakin banyak karena beasiswa yang disubsidikan juga semakin besar. Dari data yang didapatkan dari lembaga beasiswa ITB  jumlah penerima beasiswa S1 tahun 2011 di ITB sudah mencapai 26% dari jumlah seluruh mahasiswa, yaitu sebanyak 10.479 mahasiswa menerima beasiswa di ITB.

Bahkan yang sering menjadi kendala adalah kurangnya mahasiswa yang aktif mengajukan permohonan beasiswa sehingga terkadang Kepala Seksi Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter, Nanan Hendayana, S.AP i harus lebih gencar mempublikasikan informasi beasiswa kepada mahasiswa. "Sistem publikasi mengenai beasiswa ITB akan terus diperbaiki, pembuatan buku yang berisi informasi-informasi penting beasiswa ITB  pun akan segera diterbitkan dan akan disebarkan di dalam kampus ITB maupun di sekolah-sekolah menengah atas dan sederajat" terangnya.

Agar semakin banyak penerima beasiswa dan pemberian beasiswa semakin merata, saat ini masyarakat juga dapat mengakses website www.kemahasiswaan.itb.ac.id . Segala informasi beasiswa akan dipublikasikan di website tersebut dan  bulan Juni dan Desember biasanya merupakan saat pendaftaran beasiswa dibuka.

Secara umum, kriteria mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa yang kurang mampu dibidang ekonomi namun memiliki persyaratan nilai akademik yang cukup tinggi. Selebihnya tergantung kepada lembaga yang memberikan beasiswa. Terdapat sekitar 70 lembaga yang memberikan beasiswa ITB tahun 2012. Menurut sumbernya, beasiswa di ITB dapat dibagi menjadi tiga jenis beasiswa  yaitu beasiswa pemerintah, beasiswa ITB, dan beasiswa swasta. Beasiswa terbesar adalah beasiswa Bidik Misi dan juga Ikatan Alumni '78 (IA78) yang rutin memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa ITB.

Bukan hanya sekedar pemberian dana kepada mahasiswa, seluruh penerima beasiswa juga mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan karakter dan softskill masing-masing. Sehingga mahasiswa dapat menjadi mahasiswa mandiri dan terus berprestasi.

Untuk informasi mengenai beasiswa ITB dapat diakses melalui:
Website: www. Kemahasiswaan.itb.ac.id
Akun facebook: beasiswa ITB
Akun Twitter: @beasiswaITB
Email: beasiswaitb@kemahasiswaan.itb.ac.id, beasiswaitb@ymail.com
SMS Center: 085351957467, 081220389784

(Eva Okta Maulany)