Geology Festival, Pilihan Rekreasi Edukatif yang Menghibur

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kurangnya pemahaman manusia mengenai ilmu kebumian membuat mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) GEA ITB menyelenggarakan sebuah festival geologi, GeoFest. Bertempat di Museum Geologi Bandung, GeoFest yang diadakan pada Sabtu (08/09/12) ini merupakan acara pembuka dari rangkaian acara Geology Student Competition (GSC) 2012.

Menurut Ketua Penyelenggara GeoFest, Ruchita Mirza Ayurahma, kebanyakan oang masih kurang peka dan menganggap ilmu geologi tidak penting. Namun, ilmu geologi akan sulit dimengerti jika disampaikan melalui cara biasa seperti seminar dengan bahasa yang berat. Karenanya, diperlukan metode yang cocok untuk memperkenalkan geologi pada masyarakat, dengan dikemas secara ringan agar mudah dimengerti.

Pada GeoFest ini, ilmu geologi diperkenalkan pada masyarakat secara interaktif, dimana pengunjung dapat ikut serta bermain dan berpartisipasi dalam wahana-wahana yang ada. Terdapat beberapa stand-stand yang berisi permainan mengenai geologi dimana pengunjung dapat bermain sekaligus belajar mengenai apa itu geologi. Ada pula boneka Martella dan Martello sebagai ikon acara GSC 2012 dengan ukuran besar yang bisa dijadikan objek untuk berfoto. Serangkaian acara seperti Geological Games Booth, Geological EduInfo, Bazaar, Geokids Corner, Pameran foto-foto geologi serta live music juga menjadi hiburan bagi pengunjung.

"Geo Fest mengemas keilmuan geologi secara menarik dan kreatif dengan wahana permainan, sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk mengetahui apa itu geologi," kata Ruchita sebagaimana dilansir dari bisnis-jabar.com.


Gua Raksasa Sedot Perhatian Massa

Salah satu wahana yang paling digandrungi oleh para pengunjung adalah Gua Raksasa. Tak banyak yang mengetahui bagaimana proses terjadinya bumi mulai dari bagaimana atmosfer terbentuk, hewan invertebrata muncul, asal mula ikan di laut, tanaman paku tumbuh, dinosaurus punah, dan proses lainnya hingga manusia ada seperti sekarang ini. Karenanya, dibuatlah suatu wahana edukatif yang menjelaskan pengunjung mengenai asal-usul bumi.

Gua Raksasa adalah sebuah wahana inovasi dengan konsep pemberian edukasi mengenai proses terbentuknya bumi dan seluruh isinya di dalam sebuah gua besar. Gua Raksasa terbuat dari bilik bambu yang didekor menyerupai gua sungguhan dengan ornamen batu-batuan dari kertas karton. Terdapat pula gambar-gambar pendukung yang ditempel pada selembar karton untuk mendukung visualisasi. Di dalam gua, pengunjung akan disambut oleh mahasiswa yang akan berbagi informasi seputar ilmu geologi pada pengunjung.

Setelah keluar dari gua tersebut, pengunjung masih akan disajikan permainan lain seperti puzzle geologi, photo booth, dan natural disaster games. GeoFest membantu memperluas wawasan pengunjung mengenai geologi dengan "menjelajahi" bumi secara singkat.

 

Dari berbagai sumber.


scan for download