Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

30 July 2014
Current weather
20.4 C
Humidity:88 %

BANDUNG, itb.ac.id - Berdasarkan lembaga pemeringkat perguruan tinggi internasional 4ICU (4 International College & University) yang dirilis Juli 2012, ITB berada di peringkat pertama dari seluruh perguruan tinggi Indonesia. Pada publikasi "2012 World University Rankings" tersebut, ITB berada di urutan 13 di Asia Tenggara dan peringkat 82 dunia. Dengan hasil tersebut ITB menjadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang berada dalam 200 besar.

Di regional Asia Tenggara, ITB berada di peringkat ke-2 setelah National University of Singapore. Sedangkan di wilayah Asia, ITB berada di urutan ke-13. Perguruan tinggi nasional lain seperti Universitas Indonesia (UI) berada pada peringkat 37 dan Universitas Gadjah Mada berada pada urutan ke 69. Sama seperti tahun lalu, dominasi perguruan tinggi asal Cina dan Jepang masih terlihat di papan atas kluster Asia.

Percaturan di 10 besar zona Asia dikuasai dua universitas asal Jepang dan delapan universitas Cina. Tiga besarnya yaitu Keio University (Jepang), Peking University (China), dan Shanghai Jiao Tong University (Cina).

Di tangga atas internasional bercokol sembilan universitas asal Amerika Serikat. MIT (Massachusetts Institute of Technology) sebagai peringkat pertama. Disusul oleh Standford University di urutan dua sedangkan Harvard University berada pada peringkat ketiga. Wakil dari Asia yang mampu masuk ke jajaran atas adalah Keio University Jepang dengan peringkat ke-27.

Tentang 4ICU

4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 11.000 universitas yang diakui, terlisensi, dan terakreditasi oleh kementerian pendidikan di negaranya. Penilaian dilakukan pada universitas-universitas di lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Pemeringkatan tersebut didasarkan pada popularitas perguruan tinggi di dunia internet. Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap kekayaan produk akademik, staf pengajar, dan publikasi yang diterbitkan.

Pemeringkatan popularitas di dunia internet dilakukan menggunakan algoritma berbeda dari tiga web metric berbeda yang independen dan saling terpisah yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic Seo Referring Domains. Tujuan dari pemeringkatan 4ICU ini adalah untuk membantu para calon mahasiswa dan staf akademik mendapatkan informasi berkaitan dengan universitas-universitas di dunia.

Informasi lengkap hasil peringkat dapat diakses di www.4icu.org