Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

24 November 2014
Current weather
21.6 C
Humidity:97 %

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Arsitektur ITB pada semester ini mengadakan program kerjasama studio kolaborasi dengan Universitas Pancasila Jakarta. Sebanyak sembilan orang mahasiswa semester tujuh Universitas Pancasila belajar bersama dalam satu studio AR 4000 dengan mahasiswa Arsitektur ITB didampingi oleh sepuluh dosen jurusan tersebut.

Studio kolaborasi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari kesepakatan kerja sama antara ITB dan Universitas Pancasila. Program tahun ini adalah kali kedua pelaksanaan program setelah sebelumnya studio kolaborasi diadakan pada semester 2 tahun ajaran 2010/2011 bersama 20 mahasiswa dari Universiti Malaya, Malaysia dan 12 mahasiswa Universitas Pancasila.

Pada studio kolaborasi kali ini, tugas yang diberikan adalah mendesain fasilitas pergantian moda transportasi Bandung untuk 15 tahun ke depan. Selain AR 4000, empat mahasiswa dan lima mahasiswi Universitas Pancasila juga dapat sit in mengikuti kuliah teori hingga masa UTS Oktober nanti.

"Menurut saya program ini menarik, pengetahuan saya mengenai pemahaman konsep dan gubahan massa bertambah setelah seminggu mengikuti program ini," ujar Wulan Febriningtias, mahasiswi Universitas Pancasila. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa ia dapat memperdalam analisis dan juga menambah relasi dengan keberadaan program studio kolaborasi.

Tujuan utama dari program ini adalah mahasiswa dari kedua universitas dapat menambah pengalaman belajar dan memperluas wawasan, serta melihat cara kerja yang berbeda  antar kedua program studi di universitas yang berbeda, serta menjadikan contoh karya tugas yang baik sebagai benchmark.