Peminat PKM ITB Naik 62,4%

Oleh Nofri Andis

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) semakin mendapat perhatian dari mahasiswa ITB. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah proposal yang diterima tim PKM ITB. Tahun ini, panitia menerima sebanyak 218 proposal.

"Jauh lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 136 proposal," kata Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Sub Bagian non Kurikuler ITB Caska kepada Kantor Berita Kamis (28/10/10). Artinya, tahun ini, jumlah proposal yang diterima meningkat sebesar 62,4%.

Proposal tersebut terdiri dari 94 proposal penelitian, 74 kewirausahaan, 21 pengabdian pada masyarakat, dan selebihnya proposal penerapan teknologi. Proposal-proposal tersebut kemudian akan diseleksi untuk didanai maksimal Rp 10 juta perproposal.

"Sekitar akhir Desember atau awal Januari hasilnya akan diumumkan," kata Caska.

Bagi proposal yang lolos, sebagai tindak lanjut, ITB akan mengadakan pelatihan dan monitoring. Dengan begini, mutu tim yang lolos akan terjaga untuk kemudian bisa diajukan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Juli tahun depan.

"Kita lebih mengedepankan mutu. Yang lolos Pimnas, tergantung kerja mereka saat proposal diaplikasikan," jelas Caska.

PKM merupakan program yang diusung Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DP2M) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk mengembangkan budaya wirausaha di universitas. Kemudian, program ini dikembangkan pada kegiatan kreativitas mahasiswa juga dosen.

ITB sendiri sangat mendukung program ini. Bentuk dukungan tersebut terbukti dengan diberikannya intensif sebesar seratus ribu rupiah untuk setiap proposal PKM.

Selain PKM Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian Masyarakat, dan Penerapan Teknologi, PKM juga mendukung karya tulis mahasiswa (PKM-KT). PKM-KT bisa dalam bentuk gagasan tertulis dan artikel ilmiah. PKM jenis ini tidak dikumpulkan dalam bentuk proposal melainkan tulisan atau makalah. Gagasan Ilmiah yang menarik bisa dilombakan pada Pimnas, sedang Artikel Ilmiah yang lolos akan dipublikasikan dalam jurnal Dikti.

Caska berharap minat mahasiswa ITB terhadap PKM dan kegiatan serupa semakin meningkat. "Prestasi di bidang ini juga cukup bergengsi," kata dia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PKM, Anda bisa menghubungi Lembaga Kemahasiswaan (LK), Student Center Lantai 1 kampus ITB.

Foto 1


scan for download