Logo

Berita

Institut Teknologi Bandung

30 August 2014
Current weather
19.5 C
Humidity:96 %

BANDUNG, itb.ac.id - Saat ini persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat karena terbatasnya peluang. Dibutuhkan kecermatan menentukan pilihan yang sesuai minat dan kemampuan kita. Selain itu butuh kesiapan dalam arti strategi untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, dan yang tak kalah penting adalah bagaimana menghadapi tantangan dunia kerja yang kita anda masuki.

Dilatarbelakangi hal tersebut, divisi Pengembangan Sumber Daya Anggota Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (PSDA HMFT) ITB mengadakan sebuah training yang bertemakan "Persiapan Memasuki Dunia Kerja" dengan menghadirkan trainer handal alumni Teknik Fisika sendiri, Hermanto Kosasih. Acara training ini berlangsung di ruang seminar Teknik Fisika lantai 4, Kamis (17/12/09).

Setelah lulus dari dunia perkuliahan, banyak mahasiswa yang kebingungan dan ketakutan untuk menghadapi dunia kerja. Hermanto menyampaikan, pertama-tama kenali dulu apa tujuan kita selanjutnya, apakah bekerja sebagai karyawan, atau justru membuka lapangan pekerjaan sebagai wirausaha. Pada sesi kali ini, dibahas mengenai cara mempersiapkan diri kita supaya dapat diterima dan bertahan di tempat kita bekerja.

Dijelaskan secara detail, beberapa tips yang esensial sebelum diterima di perusahaan, seperti cara mengirim Curriculum Vitae, cara mengangkat telefon undangan wawancara, cara bersikap saat wawancara, dan cara mengerjakan tes baik tes lisan maupun tulisan. Terkadang, justru hal-hal kecillah yang membuat kita ditolak sebuah perusahaan, ungkap Hermanto. Tidak hanya tips sebelum memasuki dunia kerja, disampaikan pula bagaimana cara kita bersikap setelah berada di dunia kerja, seperti bagaimana menghadapi atasan saat ada masalah, bagaimana berhubungan dengan bawahan, rekan kerja, dan atasan, serta bagaimana cara mengembangkan keterampilan yang kita miliki saat kita bekerja.

Training berlangsung menarik karena Hermanto Kosasih mengajak pesertanya untuk ikut aktif, melakukan beberapa gerakan yang dilontari candaan. Training ini dihadiri pula oleh beberapa dosen wakil dari Direktorat Pendidikan. Mereka mengungkapkan, training seperti ini harus sering dilaksanakan agar sebelum lulus, mahasiswa ITB dapat memperluas wawasannya dan mempunyai bekal di saat memasuki dunia kerja nanti.